Langsung ke konten utama

SOAL BAHASA INDONESIA KELAS 11 SM 1 b

 Berikut adalah 25 soal pilihan ganda berdasarkan materi yang diminta:


1. Pengertian Teks Argumentasi

Teks argumentasi adalah...
a. Teks yang memberikan informasi faktual tentang suatu peristiwa.
b. Teks yang bertujuan menyampaikan pendapat dan didukung oleh alasan yang logis.
c. Teks yang menceritakan pengalaman pribadi seseorang.
d. Teks yang menguraikan langkah-langkah melakukan sesuatu.
e. Teks yang menjelaskan fenomena alam secara deskriptif.

Jawaban: b


2. Struktur Teks Argumentasi

Struktur teks argumentasi yang benar adalah...
a. Pendahuluan - Deskripsi - Penutup.
b. Pernyataan Pendapat - Argumentasi - Kesimpulan.
c. Orientasi - Komplikasi - Resolusi.
d. Judul - Tubuh Berita - Ekor Berita.
e. Latar - Klimaks - Penutup.

Jawaban: b


3. Ciri Kebahasaan Teks Argumentasi

Ciri kebahasaan teks argumentasi yang benar adalah...
a. Menggunakan bahasa baku dan kalimat persuasif.
b. Menggunakan majas dan bahasa kiasan.
c. Mengandung fakta dan opini yang mendukung pendapat.
d. Menggunakan bahasa tidak formal dan naratif.
e. Menggunakan kalimat langsung tanpa bukti.

Jawaban: c


4. Identifikasi Struktur Teks Argumentasi

Dalam teks argumentasi, bagian yang berisi pendapat penulis disebut...
a. Argumentasi
b. Kesimpulan
c. Pernyataan Pendapat
d. Deskripsi
e. Penutup

Jawaban: c


5. Contoh Teks Argumentasi

Berdasarkan teks:
"Penggunaan kendaraan umum perlu digalakkan untuk mengurangi polusi udara. Data menunjukkan bahwa 70% polusi udara di kota besar berasal dari kendaraan pribadi."
Bagian teks tersebut termasuk dalam struktur...
a. Pernyataan Pendapat
b. Argumentasi
c. Kesimpulan
d. Penutup
e. Orientasi

Jawaban: b


6. Pengertian Teks Cerpen

Cerpen adalah...
a. Teks cerita fiksi yang panjangnya melebihi 50 halaman.
b. Teks fiksi yang berisi kisah nyata penulis.
c. Teks cerita fiksi yang singkat dan memiliki konflik sederhana.
d. Teks deskriptif yang menggambarkan pengalaman seseorang.
e. Teks berisi petunjuk melakukan sesuatu.

Jawaban: c


7. Struktur Teks Cerpen

Struktur teks cerpen terdiri dari...
a. Pendahuluan - Klimaks - Penutup.
b. Orientasi - Komplikasi - Resolusi.
c. Pernyataan Pendapat - Argumentasi - Kesimpulan.
d. Latar - Alur - Amanat.
e. Awal - Tengah - Akhir.

Jawaban: b


8. Kebahasaan Teks Cerpen

Ciri kebahasaan teks cerpen yang benar adalah...
a. Menggunakan bahasa baku dan formal.
b. Mengandung deskripsi detail dan dialog tokoh.
c. Menggunakan bahasa nonformal dan opini pribadi.
d. Mengandung unsur ilmiah dan fakta.
e. Menggunakan istilah teknis dalam penulisan.

Jawaban: b


9. Unsur Intrinsik Cerpen

Unsur intrinsik dalam cerpen yang berhubungan dengan penokohan disebut...
a. Tema
b. Alur
c. Latar
d. Watak
e. Amanat

Jawaban: d


10. Contoh Identifikasi Unsur Intrinsik

Dalam cerpen, pesan moral yang ingin disampaikan penulis disebut...
a. Latar
b. Alur
c. Watak
d. Tema
e. Amanat

Jawaban: e


11. Pengertian Teks Berita

Teks berita adalah...
a. Cerita fiksi yang bertujuan menghibur pembaca.
b. Laporan peristiwa atau kejadian yang aktual dan faktual.
c. Ulasan singkat tentang kehidupan sehari-hari.
d. Karangan naratif tentang pengalaman pribadi.
e. Teks dialog antar tokoh.

Jawaban: b


12. Tujuan Teks Berita

Tujuan teks berita adalah...
a. Membujuk pembaca untuk mendukung suatu pendapat.
b. Memberikan informasi aktual dan faktual kepada pembaca.
c. Menghibur pembaca dengan cerita lucu.
d. Menyampaikan cerita kehidupan seseorang.
e. Memberikan deskripsi fenomena alam.

Jawaban: b


13. Ciri Teks Berita

Ciri utama teks berita adalah...
a. Menggunakan bahasa santai dan kreatif.
b. Aktual, faktual, dan menggunakan bahasa baku.
c. Tidak memiliki struktur tertentu.
d. Mengandung opini penulis secara dominan.
e. Ditulis dengan gaya naratif dan imajinatif.

Jawaban: b


14. Menyusun Teks Berita (1)

Dalam menyusun teks berita, bagian yang menjelaskan inti berita disebut...
a. Judul
b. Kepala Berita
c. Tubuh Berita
d. Ekor Berita
e. Penutup

Jawaban: c


15. Menyusun Teks Berita (2)

Bagian berita yang berisi informasi tambahan atau pendukung adalah...
a. Judul
b. Kepala Berita
c. Tubuh Berita
d. Ekor Berita
e. Penutup

Jawaban: d


16. Kebahasaan Teks Berita

Ciri kebahasaan teks berita meliputi...
a. Kalimat langsung dan bahasa formal.
b. Kalimat deskriptif dan opini.
c. Majas dan bahasa imajinatif.
d. Narasi panjang dan deskripsi tokoh.
e. Dialog antar tokoh.

Jawaban: a


17. Contoh Identifikasi Ciri Berita

Kalimat berikut yang termasuk teks berita adalah...
a. "Aku merasa sangat sedih hari ini."
b. "Kecelakaan lalu lintas terjadi di Jalan Sudirman pukul 10.00 WIB."
c. "Ia adalah orang yang sangat baik hati."
d. "Sebuah kisah cinta berakhir tragis di musim gugur."
e. "Pagi ini, saya membuat secangkir kopi."

Jawaban: b


18. Tujuan Argumentasi dalam Teks Argumentasi

Teks argumentasi bertujuan untuk...
a. Meyakinkan pembaca terhadap pendapat penulis.
b. Menghibur pembaca dengan cerita menarik.
c. Memberikan informasi aktual dan faktual.
d. Mengajarkan cara melakukan sesuatu.
e. Menceritakan pengalaman pribadi penulis.

Jawaban: a


19. Contoh Kalimat Argumentasi

Kalimat yang termasuk dalam teks argumentasi adalah...
a. "Saya sangat senang hari ini."
b. "Penggunaan masker efektif mencegah penyebaran virus, menurut data WHO."
c. "Perjalanan itu sangat menyenangkan dan penuh kenangan."
d. "Musim semi adalah waktu terbaik untuk liburan."
e. "Kamu harus mencoba makanan ini."

Jawaban: b


20. Contoh Latar Cerpen

Latar tempat dalam cerpen adalah...
a. "Ia tinggal di sebuah rumah megah di tepi laut."
b. "Dia sangat ramah kepada semua orang."
c. "Hari itu, cuaca sangat mendukung."
d. "Ia berjalan dengan langkah pasti menuju panggung."
e. "Pikirannya melayang ke masa lalu."

Jawaban: a


21. Contoh Kesimpulan Argumentasi

Bagian akhir teks argumentasi disebut...
a. Alur
b. Argumentasi
c. Kesimpulan
d. Pernyataan Pendapat
e. Orientasi

Jawaban: c


22. Contoh Watak dalam Cerpen

Kalimat yang menunjukkan watak tokoh adalah...
a. "Dia selalu membantu teman-temannya yang kesulitan."
b. "Pohon itu sangat tinggi dan rindang."
c. "Hari itu, hujan turun sangat deras."
d. "Ia mengenakan gaun biru yang indah."
e. "Langit malam itu penuh dengan bintang."

Jawaban: a


23. Amanat dalam Cerpen

Amanat dalam cerita adalah...
a. Pesan moral yang ingin disampaikan penulis.
b. Penjelasan latar tempat dalam cerita.
c. Penggambaran watak tokoh.
d. Alur cerita dari awal hingga akhir.
e. Konflik utama dalam cerita.

Jawaban: a


24. Contoh Dialog dalam Cerpen

Kalimat berikut yang menunjukkan

dialog adalah...
a. "Ia sangat senang dengan kabar itu."
b. "Bagaimana kabarmu?" tanya Rina kepada sahabatnya.
c. "Hari ini cuaca sangat cerah."
d. "Ia pergi tanpa mengucapkan sepatah kata."
e. "Malam itu, bulan tampak sangat terang."

Jawaban: b


25. Menentukan Fakta dalam Teks Berita

Kalimat berikut yang merupakan fakta adalah...
a. "Menurut saya, kota ini sangat nyaman untuk ditinggali."
b. "Gempa berkekuatan 6,5 SR mengguncang wilayah selatan Jawa Barat."
c. "Musim gugur adalah waktu terbaik untuk berwisata."
d. "Aku sangat menyukai buku ini."
e. "Langit tampak sangat indah malam ini."

Jawaban: b


Berikut adalah 5 soal uraian berdasarkan materi yang diminta:


1. Pengertian Teks Argumentasi

Jelaskan pengertian teks argumentasi serta tujuan utama dari teks tersebut. Sertakan contoh singkat teks argumentasi yang sesuai.


2. Struktur Teks Argumentasi

Sebutkan dan jelaskan struktur teks argumentasi. Berikan contoh singkat setiap bagian struktur tersebut berdasarkan tema "Pentingnya Menjaga Kebersihan Lingkungan."


3. Unsur Kebahasaan Teks Cerpen

Jelaskan ciri-ciri kebahasaan yang sering digunakan dalam teks cerpen. Berikan contoh kalimat yang sesuai untuk setiap ciri kebahasaan tersebut.


4. Identifikasi Struktur Teks Berita

Berdasarkan teks berikut:
"Gempa berkekuatan 6,5 SR mengguncang wilayah selatan Jawa Barat pada pukul 14.00 WIB. Berdasarkan informasi BMKG, pusat gempa berada di laut dengan kedalaman 10 km. Tidak ada laporan korban jiwa hingga saat ini."
Identifikasilah bagian-bagian struktur teks berita dalam teks tersebut!


5. Menulis Teks Cerpen

Buatlah sebuah teks cerpen singkat (minimal 3 paragraf) dengan tema "Persahabatan." Pastikan cerita Anda memiliki struktur lengkap: orientasi, komplikasi, dan resolusi.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Membesarkan Anak di Era Digital: Strategi Orang Tua Menghadapi Era AI

Membesarkan Anak di Era Digital: Strategi Orang Tua Menghadapi Era AI Penulis : Rasimun,S.Ag.,M.Pd ( Kepala SMA NW Bogor ,PP Nurul Haramain NWDI Bogor) A. Pendahuluan Kehadiran teknologi digital dan kecerdasan buatan (AI) telah mengubah cara kita mendidik anak-anak. Dalam era yang semakin terkoneksi ini, orang tua dihadapkan pada tantangan baru yang perlu diatasi dengan strategi yang tepat. Bagaimana kita dapat memastikan anak-anak tumbuh dengan baik di tengah dinamika teknologi modern yang begitu cepat berkembang? B. Mengapa Perlu Strategi yang Tepat? Dengan begitu banyaknya informasi yang tersedia secara online dan perangkat digital yang semakin canggih, orang tua perlu memainkan peran yang aktif dalam mengarahkan anak-anak mereka dalam penggunaan teknologi. Tanpa arahan yang benar, ada risiko anak-anak terpapar pada konten yang tidak sesuai, menghabiskan terlalu banyak waktu di depan layar, atau bahkan kehilangan sensitivitas terhadap kehidupan nyata. C. Strategi yang Dapat Dilakuka...

Merancang Pembelajaran Berbasis Pendekatan Culturally Responsive Teaching

  JURNAL PEMBELAJARAN: AKSI NYATA TOPIK 4 (Merancang Pembelajaran Berbasis Pendekatan Culturally Responsive Teaching) 1. DOKUMEN AKSI NYATA (RPP BERBASIS CRT) MODUL AJAR BAHASA INDONESIA (Berbasis CRT) Topik: Teks Anekdot: Mengidentifikasi dan Menganalisis Makna Tersirat (Kritik Sosial) Komponen : Deskripsi Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia Fase / Kelas : E / Kelas 10 Nama Penyusun : Rasimun Alokasi Waktu : 2 x 45 Menit (1 Pertemuan) A. TUJUAN PEMBELAJARAN (UbD-Oriented) Murid dapat mengidentifikasi makna tersirat (kritik/sindiran) dalam teks anekdot. Murid dapat menganalisis relevansi kritik yang disampaikan dalam anekdot dengan konteks sosial-budaya mereka. B. ASESMEN AWAL (CRT-Focused Assessment) Diagnostik Kesiapan: Pertanyaan singkat tentang perbedaan antara teks lucu (...

Hari Pertama Kegiatan MPLS SMP- SMA Nahdlatul Wathan Bogor,Pondok Pesantren Nurul Haramain NWDI Bogor Tahun Pelajaran 2024-2025

Hari Pertama Kegiatan MPLS SMP- SMA Nahdlatul Wathan Bogor,Pondok Pesantren Nurul Haramain NWDI Bogor Tahun Pelajaran 2024-2025 Bogor, 15 Juli 2024 – Kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) di SMP-SMA Nahdlatul Wathan Bogor,Ponpes Modern Nurul Haramain NWDI Bogor dimulai dengan penuh antusias. Acara pembukaan yang berlangsung dari pukul 08.00 WIB dibuka oleh Wakil Pimpinan Pondok Pesantren Modern Nurul Haramain NWDI Bogor, Ustadz Yudi Hermawan, MA.Pd. dan Sambutan Pengarahan oleh Kepala Sekolah SMA Nahdlatul Wathan Bogor,Ustadz Rasimun Rohimul Arbab,M.Pd. Acara ini dihadiri oleh Dewan Pimpinan Pondok Pesantren, Dewan Guru, staf, serta seluruh siswa baru. Dalam sambutannya, Ustadz Yudi menekankan pentingnya pendidikan untuk membina akhlakul karimah selain memberikan ilmu pengetahuan dan keterampilan hidup. Kepala SMA Nahdlatul Wathan Bogor, Ustadz Rasimun Rohimul Arbab, M.Pd., kemudian memberikan pengarahan dan doa penutup. Beliau menyampaikan bahwa langkah pertama yang harus...