Langsung ke konten utama

SOAL ASAS MTK KELAS 8

 

SOAL PILIHAN GANDA (Bilangan Berpangkat Bulat, Bilangan Bentuk Akar, dan Penulisan Bentuk Baku)


A. Bilangan Berpangkat Bulat

  1. Hasil dari 232^3 adalah...
    a. 6
    b. 8
    c. 9
    d. 12

  2. Hasil dari 525^2 adalah...
    a. 10
    b. 15
    c. 20
    d. 25

  3. Berapakah (3)2(-3)^2?
    a. -9
    b. 9
    c. -6
    d. 6

  4. Nilai dari 404^0 adalah...
    a. 0
    b. 1
    c. 4
    d. -4

  5. Hasil dari (2)3(-2)^3 adalah...
    a. -8
    b. 8
    c. -6
    d. 6

  6. Sederhanakan 23×222^3 \times 2^2...
    a. 252^5
    b. 262^6
    c. 2102^{10}
    d. 212^1

  7. Hasil dari 34÷323^4 \div 3^2 adalah...
    a. 323^2
    b. 363^6
    c. 383^8
    d. 333^3

  8. Berapakah hasil dari (23)2(2^3)^2...
    a. 262^6
    b. 252^5
    c. 282^8
    d. 292^9

  9. Nilai dari (4)2+(3)2(-4)^2 + (-3)^2 adalah...
    a. -25
    b. 7
    c. 25
    d. 0

  10. Jika 10x=10010^x = 100, maka nilai xx adalah...
    a. 1
    b. 2
    c. 3
    d. 4


B. Bilangan Bentuk Akar

  1. Hasil dari 16\sqrt{16} adalah...
    a. 2
    b. 3
    c. 4
    d. 5

  2. Hasil dari 49\sqrt{49} adalah...
    a. 6
    b. 7
    c. 8
    d. 9

  3. Berapakah nilai dari 81\sqrt{81}...
    a. 8
    b. 9
    c. 10
    d. 11

  4. Nilai dari 36+25\sqrt{36} + \sqrt{25} adalah...
    a. 10
    b. 11
    c. 12
    d. 13

  5. Jika x=10\sqrt{x} = 10, maka nilai xx adalah...
    a. 10
    b. 100
    c. 1000
    d. 10000

  6. Hasil dari 9×16\sqrt{9} \times \sqrt{16} adalah...
    a. 12
    b. 16
    c. 18
    d. 24

  7. Sederhanakan 64÷4\sqrt{64} \div \sqrt{4}...
    a. 2
    b. 4
    c. 6
    d. 8

  8. Jika x=5\sqrt{x} = 5, maka xx sama dengan...
    a. 10
    b. 15
    c. 20
    d. 25

  9. Nilai dari 10081\sqrt{100} - \sqrt{81} adalah...
    a. 1
    b. 2
    c. 3
    d. 4

  10. Berapakah nilai 4+9+16\sqrt{4} + \sqrt{9} + \sqrt{16}...
    a. 10
    b. 11
    c. 12
    d. 13


C. Penulisan Bentuk Baku

  1. Tuliskan 30003000 dalam bentuk baku...
    a. 3×1023 \times 10^2
    b. 3×1033 \times 10^3
    c. 30×10330 \times 10^3
    d. 30×10230 \times 10^2

  2. Tuliskan 0.0050.005 dalam bentuk baku...
    a. 5×1025 \times 10^{-2}
    b. 5×1035 \times 10^{-3}
    c. 5×1025 \times 10^2
    d. 5×1035 \times 10^3

  3. 6×1046 \times 10^4 dalam bentuk biasa adalah...
    a. 600
    b. 6000
    c. 60,000
    d. 600,000

  4. Bentuk baku dari 0.00070.0007 adalah...
    a. 7×1037 \times 10^{-3}
    b. 7×1047 \times 10^{-4}
    c. 7×1037 \times 10^3
    d. 7×1047 \times 10^4

  5. Bentuk biasa dari 2.5×1022.5 \times 10^2 adalah...
    a. 25
    b. 250
    c. 2500
    d. 25,000


SOAL URAIAN ( Bilangan Berpangkat Bulat, Bilangan Bentuk Akar, dan Penulisan Bentuk Baku)


Bilangan Berpangkat Bulat

  1. Sederhanakan hasil dari operasi berikut:
    (32×23)÷(62)(3^2 \times 2^3) \div (6^2)

  2. Jika a=43a = 4^3 dan b=25b = 2^5, hitung nilai a+ba + b.


Bilangan Bentuk Akar

  1. Selesaikan nilai dari:
    144+8149\sqrt{144} + \sqrt{81} - \sqrt{49}.

  2. Jika x=12\sqrt{x} = 12, tentukan nilai xx. Kemudian hitung nilai x+xx + \sqrt{x}.


Penulisan Bentuk Baku

  1. Tuliskan bilangan berikut ke dalam bentuk baku, kemudian tentukan hasil penjumlahan keduanya:
    a. 23,000,00023,000,000
    b. 0.000450.00045


Berikut adalah kunci jawaban dari soal pilihan ganda dan uraian yang telah diberikan:


Kunci Jawaban Soal Pilihan Ganda

  1. Hasil dari 232^3 adalah...
    Jawaban: b. 8

  2. Hasil dari 525^2 adalah...
    Jawaban: d. 25

  3. Berapakah (3)2(-3)^2?
    Jawaban: b. 9

  4. Nilai dari 404^0 adalah...
    Jawaban: b. 1

  5. Hasil dari (2)3(-2)^3 adalah...
    Jawaban: a. -8

  6. Sederhanakan 23×222^3 \times 2^2...
    Jawaban: a. 252^5

  7. Hasil dari 34÷323^4 \div 3^2 adalah...
    Jawaban: a. 323^2

  8. Berapakah hasil dari (23)2(2^3)^2...
    Jawaban: c. 282^8

  9. Nilai dari (4)2+(3)2(-4)^2 + (-3)^2 adalah...
    Jawaban: c. 25

  10. Jika 10x=10010^x = 100, maka nilai xx adalah...
    Jawaban: b. 2


  1. Hasil dari 16\sqrt{16} adalah...
    Jawaban: c. 4

  2. Hasil dari 49\sqrt{49} adalah...
    Jawaban: b. 7

  3. Berapakah nilai dari 81\sqrt{81}...
    Jawaban: b. 9

  4. Nilai dari 36+25\sqrt{36} + \sqrt{25} adalah...
    Jawaban: b. 11

  5. Jika x=10\sqrt{x} = 10, maka nilai xx adalah...
    Jawaban: b. 100

  6. Hasil dari 9×16\sqrt{9} \times \sqrt{16} adalah...
    Jawaban: a. 12

  7. Sederhanakan 64÷4\sqrt{64} \div \sqrt{4}...
    Jawaban: b. 4

  8. Jika x=5\sqrt{x} = 5, maka xx sama dengan...
    Jawaban: d. 25

  9. Nilai dari 10081\sqrt{100} - \sqrt{81} adalah...
    Jawaban: b. 2

  10. Berapakah nilai 4+9+16\sqrt{4} + \sqrt{9} + \sqrt{16}...
    Jawaban: c. 12


  1. Tuliskan 30003000 dalam bentuk baku...
    Jawaban: b. 3×1033 \times 10^3

  2. Tuliskan 0.0050.005 dalam bentuk baku...
    Jawaban: b. 5×1035 \times 10^{-3}

  3. 6×1046 \times 10^4 dalam bentuk biasa adalah...
    Jawaban: c. 60,000

  4. Bentuk baku dari 0.00070.0007 adalah...
    Jawaban: b. 7×1047 \times 10^{-4}

  5. Bentuk biasa dari 2.5×1022.5 \times 10^2 adalah...
    Jawaban: b. 250


Kunci Jawaban Soal Uraian

  1. Sederhanakan hasil dari operasi berikut:
    (32×23)÷(62)(3^2 \times 2^3) \div (6^2)

    Penyelesaian:

    (32×23)÷(62)=(9×8)÷36=72÷36=2(3^2 \times 2^3) \div (6^2) = (9 \times 8) \div 36 = 72 \div 36 = 2

    Jawaban: 2

  2. Jika a=43a = 4^3 dan b=25b = 2^5, hitung nilai a+ba + b.

    Penyelesaian:

    a=43=64,b=25=32a+b=64+32=96a = 4^3 = 64, \quad b = 2^5 = 32 a + b = 64 + 32 = 96

    Jawaban: 96

  3. Selesaikan nilai dari:
    144+8149\sqrt{144} + \sqrt{81} - \sqrt{49}

    Penyelesaian:

    144=12,81=9,49=712+97=14\sqrt{144} = 12, \quad \sqrt{81} = 9, \quad \sqrt{49} = 7 12 + 9 - 7 = 14

    Jawaban: 14

  4. Jika x=12\sqrt{x} = 12, tentukan nilai xx. Kemudian hitung nilai x+xx + \sqrt{x}.

    Penyelesaian:

    x=12x=122=144x+x=144+12=156\sqrt{x} = 12 \quad \Rightarrow \quad x = 12^2 = 144 x + \sqrt{x} = 144 + 12 = 156

    Jawaban: 156

  5. Tuliskan bilangan berikut ke dalam bentuk baku, kemudian tentukan hasil penjumlahan keduanya:
    a. 23,000,00023,000,000
    b. 0.000450.00045

    Penyelesaian:
    a. 23,000,000=2.3×10723,000,000 = 2.3 \times 10^7
    b. 0.00045=4.5×1040.00045 = 4.5 \times 10^{-4}

    Penjumlahan bentuk baku:

    2.3×107+4.5×1042.3 \times 10^7 + 4.5 \times 10^{-4}

    Jawaban:
    Penjumlahan ini tidak dapat dilakukan langsung karena pangkatnya berbeda, sehingga hasil penulisan dalam bentuk baku tetap 2.3×107+4.5×1042.3 \times 10^7 + 4.5 \times 10^{-4}.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Upacara Hari Pramuka di SMA Nahdlatul Wathan Bogor: Refleksi Semangat Kebangsaan dan Kepemimpinan

Upacara Hari Pramuka di SMA Nahdlatul Wathan Bogor: Refleksi Semangat Kebangsaan dan Kepemimpinan Bogor, 14 Agustus 2024 — SMA Nahdlatul Wathan Bogor, yang berada di bawah naungan Pondok Pesantren Nurul Haramain NWDI Bogor, menggelar upacara peringatan Hari Pramuka dengan penuh khidmat. Upacara yang diadakan di halaman sekolah ini diikuti oleh seluruh siswa, guru, dan staf sekolah.  Dalam upacara tersebut, para peserta tidak hanya diajak untuk mengenang sejarah berdirinya Gerakan Pramuka di Indonesia, tetapi juga untuk menanamkan semangat kebangsaan dan kepemimpinan. Kepala Sekolah SMA Nahdlatul Wathan Bogor, Rasimun, S.Ag., M.Pd., mengatakan bahwa tentang pentingnya peran Pramuka dalam membentuk karakter generasi muda yang tangguh, berakhlak mulia, dan siap menghadapi tantangan zaman. "Kegiatan Pramuka sangat relevan dengan tantangan era digital saat ini. Pramuka mengajarkan kedisiplinan, kerja sama, dan kepemimpinan, yang semuanya merupakan keterampilan yang dibutuhkan di masa d...

Hari Pertama Kegiatan MPLS SMP- SMA Nahdlatul Wathan Bogor,Pondok Pesantren Nurul Haramain NWDI Bogor Tahun Pelajaran 2024-2025

Hari Pertama Kegiatan MPLS SMP- SMA Nahdlatul Wathan Bogor,Pondok Pesantren Nurul Haramain NWDI Bogor Tahun Pelajaran 2024-2025 Bogor, 15 Juli 2024 – Kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) di SMP-SMA Nahdlatul Wathan Bogor,Ponpes Modern Nurul Haramain NWDI Bogor dimulai dengan penuh antusias. Acara pembukaan yang berlangsung dari pukul 08.00 WIB dibuka oleh Wakil Pimpinan Pondok Pesantren Modern Nurul Haramain NWDI Bogor, Ustadz Yudi Hermawan, MA.Pd. dan Sambutan Pengarahan oleh Kepala Sekolah SMA Nahdlatul Wathan Bogor,Ustadz Rasimun Rohimul Arbab,M.Pd. Acara ini dihadiri oleh Dewan Pimpinan Pondok Pesantren, Dewan Guru, staf, serta seluruh siswa baru. Dalam sambutannya, Ustadz Yudi menekankan pentingnya pendidikan untuk membina akhlakul karimah selain memberikan ilmu pengetahuan dan keterampilan hidup. Kepala SMA Nahdlatul Wathan Bogor, Ustadz Rasimun Rohimul Arbab, M.Pd., kemudian memberikan pengarahan dan doa penutup. Beliau menyampaikan bahwa langkah pertama yang harus...

Pendidikan Akhlak Anak Sejak Dini dalam Perspektif Islam

Pendidikan Akhlak Anak Sejak Dini dalam Perspektif Islam Oleh : Rasimun ,S.Ag.,M.Pd. ( Kepala SMA NW Bogor ,PP Nurul Haramain NWDI Bogor)  A. Pendahuluan Pendidikan akhlak merupakan salah satu aspek yang sangat penting dalam Islam. Hal ini mencakup pembentukan karakter dan moral sejak usia dini sebagai bagian integral dari iman dan praktik kehidupan sehari-hari umat Muslim. Artikel ini akan mengulas secara singkat pentingnya pendidikan akhlak anak sejak dini dalam perspektif Islam, metode-metode yang dianjurkan, serta peran orang tua dan lingkungan dalam proses ini. B. Pentingnya Pendidikan Akhlak dalam Islam Pendidikan akhlak dalam Islam memiliki beberapa aspek penting yang harus dipahami: 1. Pembentukan Karakter yang Mulia Dalam ajaran Islam, pembentukan karakter yang baik dan mulia merupakan tujuan utama dalam pendidikan. Rasulullah Muhammad SAW bersabda, "Sesungguhnya aku diutus untuk menyempurnakan akhlak yang mulia" (HR. Ahmad). Hal ini menunjukkan pentingnya karakter y...