Langsung ke konten utama

SOAL ASAS MTK KELAS 8

 

SOAL PILIHAN GANDA (Bilangan Berpangkat Bulat, Bilangan Bentuk Akar, dan Penulisan Bentuk Baku)


A. Bilangan Berpangkat Bulat

  1. Hasil dari 232^3 adalah...
    a. 6
    b. 8
    c. 9
    d. 12

  2. Hasil dari 525^2 adalah...
    a. 10
    b. 15
    c. 20
    d. 25

  3. Berapakah (3)2(-3)^2?
    a. -9
    b. 9
    c. -6
    d. 6

  4. Nilai dari 404^0 adalah...
    a. 0
    b. 1
    c. 4
    d. -4

  5. Hasil dari (2)3(-2)^3 adalah...
    a. -8
    b. 8
    c. -6
    d. 6

  6. Sederhanakan 23×222^3 \times 2^2...
    a. 252^5
    b. 262^6
    c. 2102^{10}
    d. 212^1

  7. Hasil dari 34÷323^4 \div 3^2 adalah...
    a. 323^2
    b. 363^6
    c. 383^8
    d. 333^3

  8. Berapakah hasil dari (23)2(2^3)^2...
    a. 262^6
    b. 252^5
    c. 282^8
    d. 292^9

  9. Nilai dari (4)2+(3)2(-4)^2 + (-3)^2 adalah...
    a. -25
    b. 7
    c. 25
    d. 0

  10. Jika 10x=10010^x = 100, maka nilai xx adalah...
    a. 1
    b. 2
    c. 3
    d. 4


B. Bilangan Bentuk Akar

  1. Hasil dari 16\sqrt{16} adalah...
    a. 2
    b. 3
    c. 4
    d. 5

  2. Hasil dari 49\sqrt{49} adalah...
    a. 6
    b. 7
    c. 8
    d. 9

  3. Berapakah nilai dari 81\sqrt{81}...
    a. 8
    b. 9
    c. 10
    d. 11

  4. Nilai dari 36+25\sqrt{36} + \sqrt{25} adalah...
    a. 10
    b. 11
    c. 12
    d. 13

  5. Jika x=10\sqrt{x} = 10, maka nilai xx adalah...
    a. 10
    b. 100
    c. 1000
    d. 10000

  6. Hasil dari 9×16\sqrt{9} \times \sqrt{16} adalah...
    a. 12
    b. 16
    c. 18
    d. 24

  7. Sederhanakan 64÷4\sqrt{64} \div \sqrt{4}...
    a. 2
    b. 4
    c. 6
    d. 8

  8. Jika x=5\sqrt{x} = 5, maka xx sama dengan...
    a. 10
    b. 15
    c. 20
    d. 25

  9. Nilai dari 10081\sqrt{100} - \sqrt{81} adalah...
    a. 1
    b. 2
    c. 3
    d. 4

  10. Berapakah nilai 4+9+16\sqrt{4} + \sqrt{9} + \sqrt{16}...
    a. 10
    b. 11
    c. 12
    d. 13


C. Penulisan Bentuk Baku

  1. Tuliskan 30003000 dalam bentuk baku...
    a. 3×1023 \times 10^2
    b. 3×1033 \times 10^3
    c. 30×10330 \times 10^3
    d. 30×10230 \times 10^2

  2. Tuliskan 0.0050.005 dalam bentuk baku...
    a. 5×1025 \times 10^{-2}
    b. 5×1035 \times 10^{-3}
    c. 5×1025 \times 10^2
    d. 5×1035 \times 10^3

  3. 6×1046 \times 10^4 dalam bentuk biasa adalah...
    a. 600
    b. 6000
    c. 60,000
    d. 600,000

  4. Bentuk baku dari 0.00070.0007 adalah...
    a. 7×1037 \times 10^{-3}
    b. 7×1047 \times 10^{-4}
    c. 7×1037 \times 10^3
    d. 7×1047 \times 10^4

  5. Bentuk biasa dari 2.5×1022.5 \times 10^2 adalah...
    a. 25
    b. 250
    c. 2500
    d. 25,000


SOAL URAIAN ( Bilangan Berpangkat Bulat, Bilangan Bentuk Akar, dan Penulisan Bentuk Baku)


Bilangan Berpangkat Bulat

  1. Sederhanakan hasil dari operasi berikut:
    (32×23)÷(62)(3^2 \times 2^3) \div (6^2)

  2. Jika a=43a = 4^3 dan b=25b = 2^5, hitung nilai a+ba + b.


Bilangan Bentuk Akar

  1. Selesaikan nilai dari:
    144+8149\sqrt{144} + \sqrt{81} - \sqrt{49}.

  2. Jika x=12\sqrt{x} = 12, tentukan nilai xx. Kemudian hitung nilai x+xx + \sqrt{x}.


Penulisan Bentuk Baku

  1. Tuliskan bilangan berikut ke dalam bentuk baku, kemudian tentukan hasil penjumlahan keduanya:
    a. 23,000,00023,000,000
    b. 0.000450.00045


Berikut adalah kunci jawaban dari soal pilihan ganda dan uraian yang telah diberikan:


Kunci Jawaban Soal Pilihan Ganda

  1. Hasil dari 232^3 adalah...
    Jawaban: b. 8

  2. Hasil dari 525^2 adalah...
    Jawaban: d. 25

  3. Berapakah (3)2(-3)^2?
    Jawaban: b. 9

  4. Nilai dari 404^0 adalah...
    Jawaban: b. 1

  5. Hasil dari (2)3(-2)^3 adalah...
    Jawaban: a. -8

  6. Sederhanakan 23×222^3 \times 2^2...
    Jawaban: a. 252^5

  7. Hasil dari 34÷323^4 \div 3^2 adalah...
    Jawaban: a. 323^2

  8. Berapakah hasil dari (23)2(2^3)^2...
    Jawaban: c. 282^8

  9. Nilai dari (4)2+(3)2(-4)^2 + (-3)^2 adalah...
    Jawaban: c. 25

  10. Jika 10x=10010^x = 100, maka nilai xx adalah...
    Jawaban: b. 2


  1. Hasil dari 16\sqrt{16} adalah...
    Jawaban: c. 4

  2. Hasil dari 49\sqrt{49} adalah...
    Jawaban: b. 7

  3. Berapakah nilai dari 81\sqrt{81}...
    Jawaban: b. 9

  4. Nilai dari 36+25\sqrt{36} + \sqrt{25} adalah...
    Jawaban: b. 11

  5. Jika x=10\sqrt{x} = 10, maka nilai xx adalah...
    Jawaban: b. 100

  6. Hasil dari 9×16\sqrt{9} \times \sqrt{16} adalah...
    Jawaban: a. 12

  7. Sederhanakan 64÷4\sqrt{64} \div \sqrt{4}...
    Jawaban: b. 4

  8. Jika x=5\sqrt{x} = 5, maka xx sama dengan...
    Jawaban: d. 25

  9. Nilai dari 10081\sqrt{100} - \sqrt{81} adalah...
    Jawaban: b. 2

  10. Berapakah nilai 4+9+16\sqrt{4} + \sqrt{9} + \sqrt{16}...
    Jawaban: c. 12


  1. Tuliskan 30003000 dalam bentuk baku...
    Jawaban: b. 3×1033 \times 10^3

  2. Tuliskan 0.0050.005 dalam bentuk baku...
    Jawaban: b. 5×1035 \times 10^{-3}

  3. 6×1046 \times 10^4 dalam bentuk biasa adalah...
    Jawaban: c. 60,000

  4. Bentuk baku dari 0.00070.0007 adalah...
    Jawaban: b. 7×1047 \times 10^{-4}

  5. Bentuk biasa dari 2.5×1022.5 \times 10^2 adalah...
    Jawaban: b. 250


Kunci Jawaban Soal Uraian

  1. Sederhanakan hasil dari operasi berikut:
    (32×23)÷(62)(3^2 \times 2^3) \div (6^2)

    Penyelesaian:

    (32×23)÷(62)=(9×8)÷36=72÷36=2(3^2 \times 2^3) \div (6^2) = (9 \times 8) \div 36 = 72 \div 36 = 2

    Jawaban: 2

  2. Jika a=43a = 4^3 dan b=25b = 2^5, hitung nilai a+ba + b.

    Penyelesaian:

    a=43=64,b=25=32a+b=64+32=96a = 4^3 = 64, \quad b = 2^5 = 32 a + b = 64 + 32 = 96

    Jawaban: 96

  3. Selesaikan nilai dari:
    144+8149\sqrt{144} + \sqrt{81} - \sqrt{49}

    Penyelesaian:

    144=12,81=9,49=712+97=14\sqrt{144} = 12, \quad \sqrt{81} = 9, \quad \sqrt{49} = 7 12 + 9 - 7 = 14

    Jawaban: 14

  4. Jika x=12\sqrt{x} = 12, tentukan nilai xx. Kemudian hitung nilai x+xx + \sqrt{x}.

    Penyelesaian:

    x=12x=122=144x+x=144+12=156\sqrt{x} = 12 \quad \Rightarrow \quad x = 12^2 = 144 x + \sqrt{x} = 144 + 12 = 156

    Jawaban: 156

  5. Tuliskan bilangan berikut ke dalam bentuk baku, kemudian tentukan hasil penjumlahan keduanya:
    a. 23,000,00023,000,000
    b. 0.000450.00045

    Penyelesaian:
    a. 23,000,000=2.3×10723,000,000 = 2.3 \times 10^7
    b. 0.00045=4.5×1040.00045 = 4.5 \times 10^{-4}

    Penjumlahan bentuk baku:

    2.3×107+4.5×1042.3 \times 10^7 + 4.5 \times 10^{-4}

    Jawaban:
    Penjumlahan ini tidak dapat dilakukan langsung karena pangkatnya berbeda, sehingga hasil penulisan dalam bentuk baku tetap 2.3×107+4.5×1042.3 \times 10^7 + 4.5 \times 10^{-4}.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Membesarkan Anak di Era Digital: Strategi Orang Tua Menghadapi Era AI

Membesarkan Anak di Era Digital: Strategi Orang Tua Menghadapi Era AI Penulis : Rasimun,S.Ag.,M.Pd ( Kepala SMA NW Bogor ,PP Nurul Haramain NWDI Bogor) A. Pendahuluan Kehadiran teknologi digital dan kecerdasan buatan (AI) telah mengubah cara kita mendidik anak-anak. Dalam era yang semakin terkoneksi ini, orang tua dihadapkan pada tantangan baru yang perlu diatasi dengan strategi yang tepat. Bagaimana kita dapat memastikan anak-anak tumbuh dengan baik di tengah dinamika teknologi modern yang begitu cepat berkembang? B. Mengapa Perlu Strategi yang Tepat? Dengan begitu banyaknya informasi yang tersedia secara online dan perangkat digital yang semakin canggih, orang tua perlu memainkan peran yang aktif dalam mengarahkan anak-anak mereka dalam penggunaan teknologi. Tanpa arahan yang benar, ada risiko anak-anak terpapar pada konten yang tidak sesuai, menghabiskan terlalu banyak waktu di depan layar, atau bahkan kehilangan sensitivitas terhadap kehidupan nyata. C. Strategi yang Dapat Dilakuka...

Merancang Pembelajaran Berbasis Pendekatan Culturally Responsive Teaching

  JURNAL PEMBELAJARAN: AKSI NYATA TOPIK 4 (Merancang Pembelajaran Berbasis Pendekatan Culturally Responsive Teaching) 1. DOKUMEN AKSI NYATA (RPP BERBASIS CRT) MODUL AJAR BAHASA INDONESIA (Berbasis CRT) Topik: Teks Anekdot: Mengidentifikasi dan Menganalisis Makna Tersirat (Kritik Sosial) Komponen : Deskripsi Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia Fase / Kelas : E / Kelas 10 Nama Penyusun : Rasimun Alokasi Waktu : 2 x 45 Menit (1 Pertemuan) A. TUJUAN PEMBELAJARAN (UbD-Oriented) Murid dapat mengidentifikasi makna tersirat (kritik/sindiran) dalam teks anekdot. Murid dapat menganalisis relevansi kritik yang disampaikan dalam anekdot dengan konteks sosial-budaya mereka. B. ASESMEN AWAL (CRT-Focused Assessment) Diagnostik Kesiapan: Pertanyaan singkat tentang perbedaan antara teks lucu (...

Hari Pertama Kegiatan MPLS SMP- SMA Nahdlatul Wathan Bogor,Pondok Pesantren Nurul Haramain NWDI Bogor Tahun Pelajaran 2024-2025

Hari Pertama Kegiatan MPLS SMP- SMA Nahdlatul Wathan Bogor,Pondok Pesantren Nurul Haramain NWDI Bogor Tahun Pelajaran 2024-2025 Bogor, 15 Juli 2024 – Kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) di SMP-SMA Nahdlatul Wathan Bogor,Ponpes Modern Nurul Haramain NWDI Bogor dimulai dengan penuh antusias. Acara pembukaan yang berlangsung dari pukul 08.00 WIB dibuka oleh Wakil Pimpinan Pondok Pesantren Modern Nurul Haramain NWDI Bogor, Ustadz Yudi Hermawan, MA.Pd. dan Sambutan Pengarahan oleh Kepala Sekolah SMA Nahdlatul Wathan Bogor,Ustadz Rasimun Rohimul Arbab,M.Pd. Acara ini dihadiri oleh Dewan Pimpinan Pondok Pesantren, Dewan Guru, staf, serta seluruh siswa baru. Dalam sambutannya, Ustadz Yudi menekankan pentingnya pendidikan untuk membina akhlakul karimah selain memberikan ilmu pengetahuan dan keterampilan hidup. Kepala SMA Nahdlatul Wathan Bogor, Ustadz Rasimun Rohimul Arbab, M.Pd., kemudian memberikan pengarahan dan doa penutup. Beliau menyampaikan bahwa langkah pertama yang harus...