Langsung ke konten utama

SOAL B SMP KELAS 8

 SOAL B SMP KELAS 8


Berikut adalah 25 soal pilihan ganda dengan tingkat kesulitan sedang untuk siswa kelas 8 dengan materi Bilangan Berpangkat Bulat Positif, Bilangan Berpangkat Bulat Negatif, Bilangan Bentuk Akar Rasional dan Irasional, serta Penulisan Bentuk Baku:

Soal Pilihan Ganda

  1. Berapa hasil dari 353^5?

    • A. 243
    • B. 125
    • C. 81
    • D. 15
  2. Hasil dari (4)3(-4)^3 adalah...

    • A. -64
    • B. 64
    • C. -16
    • D. 16
  3. Berapakah hasil dari 232^{-3}?

    • A. 123\frac{1}{2^3}
    • B. 18\frac{1}{8}
    • C. 8
    • D. 116\frac{1}{16}
  4. Manakah yang merupakan hasil dari (2)5(-2)^5?

    • A. -32
    • B. 32
    • C. -16
    • D. 16
  5. Hasil dari 444^4 adalah...

    • A. 256
    • B. 64
    • C. 128
    • D. 16
  6. Berapa hasil dari 23×242^3 \times 2^4?

    • A. 272^7
    • B. 252^5
    • C. 128
    • D. 16
  7. 323^{-2} hasilnya adalah...

    • A. 19\frac{1}{9}
    • B. 9
    • C. 13\frac{1}{3}
    • D. 3
  8. Berapakah nilai dari 53:525^3 : 5^2?

    • A. 5
    • B. 555^5
    • C. 25
    • D. 515^1
  9. 121\sqrt{121} adalah...

    • A. 11
    • B. 10
    • C. -11
    • D. 12
  10. Manakah yang merupakan bentuk dari 50\sqrt{50}?

    • A. Rasional
    • B. Irasional
    • C. Bulat
    • D. Pecahan
  11. Hasil dari 41/24^{1/2} adalah...

    • A. 2
    • B. 12\frac{1}{2}
    • C. 4
    • D. 16
  12. Manakah yang benar dari bentuk berikut ini? 36\sqrt{36} =

    • A. 6
    • B. -6
    • C. 12
    • D. 36
  13. Berapa hasil dari (7)2(-7)^2?

    • A. 49
    • B. -49
    • C. 7
    • D. -7
  14. 8\sqrt{8} adalah...

    • A. Rasional
    • B. Irasional
    • C. Bulat
    • D. Pecahan
  15. Penulisan bentuk baku dari 0.000009 adalah...

    • A. 9×1069 \times 10^{-6}
    • B. 9×1059 \times 10^{-5}
    • C. 90×10790 \times 10^{-7}
    • D. 9×1079 \times 10^{-7}
  16. Berapa hasil dari 32×343^2 \times 3^{-4}?

    • A. 323^{-2}
    • B. 27
    • C. 363^{-6}
    • D. 9
  17. 161/416^{1/4} adalah...

    • A. 4
    • B. 2
    • C. 14\frac{1}{4}
    • D. 8
  18. Berapakah hasil dari 3×12\sqrt{3} \times \sqrt{12}?

    • A. 6
    • B. 3
    • C. 12
    • D. 36\sqrt{36}
  19. Penulisan bentuk baku dari 560000 adalah...

    • A. 5.6×1055.6 \times 10^5
    • B. 56×10456 \times 10^4
    • C. 5.6×1065.6 \times 10^6
    • D. 5.6×1045.6 \times 10^4
  20. 7\sqrt{7} adalah...

    • A. Rasional
    • B. Irasional
    • C. Bulat
    • D. Pecahan
  21. Penulisan bentuk baku dari 0.000045 adalah...

    • A. 4.5×1054.5 \times 10^{-5}
    • B. 4.5×1044.5 \times 10^{-4}
    • C. 45×10645 \times 10^{-6}
    • D. 45×10545 \times 10^{-5}
  22. Berapakah nilai dari 72327^2 - 3^2?

    • A. 58
    • B. 56
    • C. 54
    • D. 48
  23. 24\sqrt{24} adalah bilangan...

    • A. Rasional
    • B. Irasional
    • C. Bulat
    • D. Pecahan
  24. 535^{-3} hasilnya adalah...

    • A. 1125\frac{1}{125}
    • B. 125
    • C. 125\frac{1}{25}
    • D. 15\frac{1}{5}
  25. Penulisan bentuk baku dari 8500000 adalah...

    • A. 8.5×1068.5 \times 10^6
    • B. 85×10585 \times 10^5
    • C. 8.5×1058.5 \times 10^5
    • D. 8.5×1078.5 \times 10^7

Soal-soal ini lebih menantang dari soal sebelumnya, sesuai dengan tingkat kesulitan sedang, dengan memfokuskan pada pemahaman konsep Bilangan Berpangkat Bulat Positif, Bilangan Berpangkat Bulat Negatif, Bilangan Bentuk Akar Rasional dan Irasional, serta Penulisan Bentuk Baku.


Berikut adalah 5 soal uraian untuk siswa kelas 8 dengan materi Bilangan Berpangkat Bulat Positif, Bilangan Berpangkat Bulat Negatif, Bilangan Bentuk Akar Rasional dan Irasional, serta Penulisan Bentuk Baku:

Soal Uraian

  1. Bilangan Berpangkat Bulat Positif
    Hitunglah nilai dari 43×224^3 \times 2^2 dan jelaskan langkah-langkahnya!

  2. Bilangan Berpangkat Bulat Negatif
    Tentukan hasil dari 52×535^{-2} \times 5^3, dan jelaskan bagaimana cara kamu memperoleh hasil tersebut!

  3. Bilangan Bentuk Akar Rasional dan Irasional
    Apakah 49\sqrt{49} dan 2\sqrt{2} termasuk bilangan rasional atau irasional? Jelaskan alasanmu!

  4. Penulisan Bentuk Baku
    Ubah bilangan 0.000056 menjadi bentuk baku dan jelaskan langkah-langkah penulisannya!

  5. Bilangan Berpangkat Bulat Positif dan Negatif
    Hitunglah nilai dari 34÷323^4 \div 3^{-2}, dan berikan penjelasan tentang aturan yang digunakan untuk menyelesaikan soal ini!


Soal-soal ini dirancang untuk menguji pemahaman siswa tentang konsep-konsep dasar bilangan berpangkat, bentuk akar rasional dan irasional, serta penulisan bentuk baku.


Berikut adalah kunci jawaban untuk 25 soal pilihan ganda dengan tingkat kesulitan sedang yang sudah dibuat sebelumnya:

Kunci Jawaban

  1. A. 243
  2. A. -64
  3. B. 18\frac{1}{8}
  4. A. -32
  5. A. 256
  6. A. 272^7
  7. A. 19\frac{1}{9}
  8. D. 515^1
  9. A. 11
  10. B. Irasional
  11. A. 2
  12. A. 6
  13. A. 49
  14. B. Irasional
  15. D. 9×1079 \times 10^{-7}
  16. A. 323^{-2}
  17. A. 4
  18. A. 6
  19. A. 5.6×1055.6 \times 10^5
  20. B. Irasional
  21. A. 4.5×1054.5 \times 10^{-5}
  22. B. 56
  23. B. Irasional
  24. A. 1125\frac{1}{125}
  25. A. 8.5×1068.5 \times 10^6

Kunci jawaban ini sesuai dengan soal-soal yang diberikan sebelumnya dan dapat digunakan untuk memeriksa jawaban siswa.


Berikut adalah kunci jawaban dan pembahasan untuk 5 soal uraian yang telah dibuat sebelumnya:

Kunci Jawaban dan Pembahasan


Soal 1:

Hitunglah nilai dari 43×224^3 \times 2^2 dan jelaskan langkah-langkahnya!

Pembahasan:

  1. Hitung nilai 434^3 dan 222^2 terlebih dahulu.

    43=4×4×4=644^3 = 4 \times 4 \times 4 = 64 22=2×2=42^2 = 2 \times 2 = 4
  2. Sekarang kalikan hasilnya:

    43×22=64×4=2564^3 \times 2^2 = 64 \times 4 = 256

Jawaban:
Nilai dari 43×224^3 \times 2^2 adalah 256.


Soal 2:

Tentukan hasil dari 52×535^{-2} \times 5^3, dan jelaskan bagaimana cara kamu memperoleh hasil tersebut!

Pembahasan:

  1. Gunakan aturan pangkat dengan basis yang sama, yaitu am×an=am+na^m \times a^n = a^{m+n}.

    52×53=52+3=515^{-2} \times 5^3 = 5^{-2 + 3} = 5^1
  2. Hasilnya adalah 51=55^1 = 5.

Jawaban:
Nilai dari 52×535^{-2} \times 5^3 adalah 5.


Soal 3:

Apakah 49\sqrt{49} dan 2\sqrt{2} termasuk bilangan rasional atau irasional? Jelaskan alasanmu!

Pembahasan:

  • 49=7\sqrt{49} = 7, yang merupakan bilangan bulat dan dapat dinyatakan dalam bentuk pecahan 71\frac{7}{1}, sehingga rasional.
  • 2\sqrt{2} tidak dapat dinyatakan sebagai bilangan pecahan dan memiliki ekspansi desimal yang tidak berulang serta tidak berakhir. Oleh karena itu, 2\sqrt{2} adalah irasional.

Jawaban:
49\sqrt{49} adalah rasional, sedangkan 2\sqrt{2} adalah irasional.


Soal 4:

Ubah bilangan 0.000056 menjadi bentuk baku dan jelaskan langkah-langkah penulisannya!

Pembahasan:

  1. Untuk menulis 0.000056 dalam bentuk baku, kita pindahkan koma ke kanan hingga bilangan menjadi 5.65.6.

  2. Karena kita memindahkan koma 5 tempat ke kanan, maka pangkatnya adalah 5-5.

    Bentuk bakunya adalah:

    0.000056=5.6×1050.000056 = 5.6 \times 10^{-5}

Jawaban:
Bentuk baku dari 0.000056 adalah 5.6×1055.6 \times 10^{-5}.


Soal 5:

Hitunglah nilai dari 34÷323^4 \div 3^{-2}, dan berikan penjelasan tentang aturan yang digunakan untuk menyelesaikan soal ini!

Pembahasan:

  1. Gunakan aturan pembagian pangkat dengan basis yang sama, yaitu aman=amn\frac{a^m}{a^n} = a^{m-n}.

    34÷32=34(2)=34+2=363^4 \div 3^{-2} = 3^{4 - (-2)} = 3^{4 + 2} = 3^6
  2. Hitung nilai dari 363^6:

    36=3×3×3×3×3×3=7293^6 = 3 \times 3 \times 3 \times 3 \times 3 \times 3 = 729

Jawaban:
Nilai dari 34÷323^4 \div 3^{-2} adalah 729.


Ringkasan Jawaban:

  1. 256
  2. 5
  3. 49\sqrt{49} rasional, 2\sqrt{2} irasional
  4. 5.6×1055.6 \times 10^{-5}
  5. 729

Semoga pembahasan ini membantu untuk memahami konsep-konsep yang diterapkan pada soal-soal tersebut!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hari Pertama Kegiatan MPLS SMP- SMA Nahdlatul Wathan Bogor,Pondok Pesantren Nurul Haramain NWDI Bogor Tahun Pelajaran 2024-2025

Hari Pertama Kegiatan MPLS SMP- SMA Nahdlatul Wathan Bogor,Pondok Pesantren Nurul Haramain NWDI Bogor Tahun Pelajaran 2024-2025 Bogor, 15 Juli 2024 – Kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) di SMP-SMA Nahdlatul Wathan Bogor,Ponpes Modern Nurul Haramain NWDI Bogor dimulai dengan penuh antusias. Acara pembukaan yang berlangsung dari pukul 08.00 WIB dibuka oleh Wakil Pimpinan Pondok Pesantren Modern Nurul Haramain NWDI Bogor, Ustadz Yudi Hermawan, MA.Pd. dan Sambutan Pengarahan oleh Kepala Sekolah SMA Nahdlatul Wathan Bogor,Ustadz Rasimun Rohimul Arbab,M.Pd. Acara ini dihadiri oleh Dewan Pimpinan Pondok Pesantren, Dewan Guru, staf, serta seluruh siswa baru. Dalam sambutannya, Ustadz Yudi menekankan pentingnya pendidikan untuk membina akhlakul karimah selain memberikan ilmu pengetahuan dan keterampilan hidup. Kepala SMA Nahdlatul Wathan Bogor, Ustadz Rasimun Rohimul Arbab, M.Pd., kemudian memberikan pengarahan dan doa penutup. Beliau menyampaikan bahwa langkah pertama yang harus...

Hari Pertama Ujian Sekolah atau Penilain Sumatif Akhir Jenjang Tahun Ajaran 2023/2024 di SMA Nahdlatul Wathan Bogor

Hari Pertama Ujian Sekolah atau Penilain Sumatif Akhir Jenjang  Tahun Ajaran 2023/2024  di SMA Nahdlatul Wathan Bogor Bogor, Senin, 18 Maret 2024 - Hari ini, SMA Nahdlatul Wathan Bogor memulai rangkaian Ujian Sekolah (US) untuk siswa kelas 12. Suasana pagi di sekolah ini terasa sarat dengan semangat dan antusiasme, diawali dengan apel pagi yang dihadiri oleh Kepala Sekolah, Dewan Guru, dan seluruh peserta US. Dalam sambutannya, Kepala Sekolah SMA Nahdlatul Wathan Bogor ,Rasimun,S.Ag.,M.Pd. menyampaikan tujuan dan pentingnya US bagi kemajuan sekolah dan para peserta didik. Keikutsertaan dalam US   tidak hanya menjadi penilaian, tetapi juga kriteria penting dalam menentukan kelulusan siswa. " Ujian Sekolah berfungsi untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik dan mengukur mutu pendidikan di sekolah. Selain itu salah satu poin dari kriteria untuk menetapkan keluluan adalah mengikuti Ujian Sekolah," ujar Rasimun. Tak lupa, Kepala Sekolah   memberikan pesan...

Kembali ke Pesantren: Santri Nurul Haramain NWDI Bogor Awali Hari Pertama dengan Subuh Tahfiz

Kembali ke Pesantren: Santri Nurul Haramain NWDI Bogor Awali Hari Pertama dengan Subuh Tahfiz Bogor, 16 Juli 2024 – Setelah liburan usai, Pesantren Modern Nurul Haramain NWDI Bogor yang terletak di kaki Gunung Salak, Kp Saitem, Desa Ciburayut, Kec. Cigombong, Kab. Bogor, kembali ramai dengan kedatangan para santri dan santriwati. Pada hari pertama setelah liburan, kegiatan dimulai dengan Subuh Tahfiz, sebuah rutinitas harian yang dilaksanakan setelah shalat Subuh berjamaah. Kegiatan Subuh Tahfiz diikuti oleh seluruh santri dan santriwati, dipandu oleh para ustadz dan ustadzah dari pesantren tersebut. Tujuan dari Subuh Tahfiz adalah untuk menambah hafalan para santri serta menjaga dan menguatkan hafalan yang sudah ada. Dengan memulai hari dengan literasi dan menghafal kitab suci Al-Qur'an, diharapkan para santri dapat meningkatkan keislaman dan ketakwaan mereka. Aktivitas ini juga bertujuan untuk menanamkan jiwa bersungguh-sungguh dan istiqamah dalam diri para santri. "Subuh Ta...