Langsung ke konten utama

SOAL B SMP KELAS 8

 SOAL B SMP KELAS 8


Berikut adalah 25 soal pilihan ganda dengan tingkat kesulitan sedang untuk siswa kelas 8 dengan materi Bilangan Berpangkat Bulat Positif, Bilangan Berpangkat Bulat Negatif, Bilangan Bentuk Akar Rasional dan Irasional, serta Penulisan Bentuk Baku:

Soal Pilihan Ganda

  1. Berapa hasil dari 353^5?

    • A. 243
    • B. 125
    • C. 81
    • D. 15
  2. Hasil dari (4)3(-4)^3 adalah...

    • A. -64
    • B. 64
    • C. -16
    • D. 16
  3. Berapakah hasil dari 232^{-3}?

    • A. 123\frac{1}{2^3}
    • B. 18\frac{1}{8}
    • C. 8
    • D. 116\frac{1}{16}
  4. Manakah yang merupakan hasil dari (2)5(-2)^5?

    • A. -32
    • B. 32
    • C. -16
    • D. 16
  5. Hasil dari 444^4 adalah...

    • A. 256
    • B. 64
    • C. 128
    • D. 16
  6. Berapa hasil dari 23×242^3 \times 2^4?

    • A. 272^7
    • B. 252^5
    • C. 128
    • D. 16
  7. 323^{-2} hasilnya adalah...

    • A. 19\frac{1}{9}
    • B. 9
    • C. 13\frac{1}{3}
    • D. 3
  8. Berapakah nilai dari 53:525^3 : 5^2?

    • A. 5
    • B. 555^5
    • C. 25
    • D. 515^1
  9. 121\sqrt{121} adalah...

    • A. 11
    • B. 10
    • C. -11
    • D. 12
  10. Manakah yang merupakan bentuk dari 50\sqrt{50}?

    • A. Rasional
    • B. Irasional
    • C. Bulat
    • D. Pecahan
  11. Hasil dari 41/24^{1/2} adalah...

    • A. 2
    • B. 12\frac{1}{2}
    • C. 4
    • D. 16
  12. Manakah yang benar dari bentuk berikut ini? 36\sqrt{36} =

    • A. 6
    • B. -6
    • C. 12
    • D. 36
  13. Berapa hasil dari (7)2(-7)^2?

    • A. 49
    • B. -49
    • C. 7
    • D. -7
  14. 8\sqrt{8} adalah...

    • A. Rasional
    • B. Irasional
    • C. Bulat
    • D. Pecahan
  15. Penulisan bentuk baku dari 0.000009 adalah...

    • A. 9×1069 \times 10^{-6}
    • B. 9×1059 \times 10^{-5}
    • C. 90×10790 \times 10^{-7}
    • D. 9×1079 \times 10^{-7}
  16. Berapa hasil dari 32×343^2 \times 3^{-4}?

    • A. 323^{-2}
    • B. 27
    • C. 363^{-6}
    • D. 9
  17. 161/416^{1/4} adalah...

    • A. 4
    • B. 2
    • C. 14\frac{1}{4}
    • D. 8
  18. Berapakah hasil dari 3×12\sqrt{3} \times \sqrt{12}?

    • A. 6
    • B. 3
    • C. 12
    • D. 36\sqrt{36}
  19. Penulisan bentuk baku dari 560000 adalah...

    • A. 5.6×1055.6 \times 10^5
    • B. 56×10456 \times 10^4
    • C. 5.6×1065.6 \times 10^6
    • D. 5.6×1045.6 \times 10^4
  20. 7\sqrt{7} adalah...

    • A. Rasional
    • B. Irasional
    • C. Bulat
    • D. Pecahan
  21. Penulisan bentuk baku dari 0.000045 adalah...

    • A. 4.5×1054.5 \times 10^{-5}
    • B. 4.5×1044.5 \times 10^{-4}
    • C. 45×10645 \times 10^{-6}
    • D. 45×10545 \times 10^{-5}
  22. Berapakah nilai dari 72327^2 - 3^2?

    • A. 58
    • B. 56
    • C. 54
    • D. 48
  23. 24\sqrt{24} adalah bilangan...

    • A. Rasional
    • B. Irasional
    • C. Bulat
    • D. Pecahan
  24. 535^{-3} hasilnya adalah...

    • A. 1125\frac{1}{125}
    • B. 125
    • C. 125\frac{1}{25}
    • D. 15\frac{1}{5}
  25. Penulisan bentuk baku dari 8500000 adalah...

    • A. 8.5×1068.5 \times 10^6
    • B. 85×10585 \times 10^5
    • C. 8.5×1058.5 \times 10^5
    • D. 8.5×1078.5 \times 10^7

Soal-soal ini lebih menantang dari soal sebelumnya, sesuai dengan tingkat kesulitan sedang, dengan memfokuskan pada pemahaman konsep Bilangan Berpangkat Bulat Positif, Bilangan Berpangkat Bulat Negatif, Bilangan Bentuk Akar Rasional dan Irasional, serta Penulisan Bentuk Baku.


Berikut adalah 5 soal uraian untuk siswa kelas 8 dengan materi Bilangan Berpangkat Bulat Positif, Bilangan Berpangkat Bulat Negatif, Bilangan Bentuk Akar Rasional dan Irasional, serta Penulisan Bentuk Baku:

Soal Uraian

  1. Bilangan Berpangkat Bulat Positif
    Hitunglah nilai dari 43×224^3 \times 2^2 dan jelaskan langkah-langkahnya!

  2. Bilangan Berpangkat Bulat Negatif
    Tentukan hasil dari 52×535^{-2} \times 5^3, dan jelaskan bagaimana cara kamu memperoleh hasil tersebut!

  3. Bilangan Bentuk Akar Rasional dan Irasional
    Apakah 49\sqrt{49} dan 2\sqrt{2} termasuk bilangan rasional atau irasional? Jelaskan alasanmu!

  4. Penulisan Bentuk Baku
    Ubah bilangan 0.000056 menjadi bentuk baku dan jelaskan langkah-langkah penulisannya!

  5. Bilangan Berpangkat Bulat Positif dan Negatif
    Hitunglah nilai dari 34÷323^4 \div 3^{-2}, dan berikan penjelasan tentang aturan yang digunakan untuk menyelesaikan soal ini!


Soal-soal ini dirancang untuk menguji pemahaman siswa tentang konsep-konsep dasar bilangan berpangkat, bentuk akar rasional dan irasional, serta penulisan bentuk baku.


Berikut adalah kunci jawaban untuk 25 soal pilihan ganda dengan tingkat kesulitan sedang yang sudah dibuat sebelumnya:

Kunci Jawaban

  1. A. 243
  2. A. -64
  3. B. 18\frac{1}{8}
  4. A. -32
  5. A. 256
  6. A. 272^7
  7. A. 19\frac{1}{9}
  8. D. 515^1
  9. A. 11
  10. B. Irasional
  11. A. 2
  12. A. 6
  13. A. 49
  14. B. Irasional
  15. D. 9×1079 \times 10^{-7}
  16. A. 323^{-2}
  17. A. 4
  18. A. 6
  19. A. 5.6×1055.6 \times 10^5
  20. B. Irasional
  21. A. 4.5×1054.5 \times 10^{-5}
  22. B. 56
  23. B. Irasional
  24. A. 1125\frac{1}{125}
  25. A. 8.5×1068.5 \times 10^6

Kunci jawaban ini sesuai dengan soal-soal yang diberikan sebelumnya dan dapat digunakan untuk memeriksa jawaban siswa.


Berikut adalah kunci jawaban dan pembahasan untuk 5 soal uraian yang telah dibuat sebelumnya:

Kunci Jawaban dan Pembahasan


Soal 1:

Hitunglah nilai dari 43×224^3 \times 2^2 dan jelaskan langkah-langkahnya!

Pembahasan:

  1. Hitung nilai 434^3 dan 222^2 terlebih dahulu.

    43=4×4×4=644^3 = 4 \times 4 \times 4 = 64 22=2×2=42^2 = 2 \times 2 = 4
  2. Sekarang kalikan hasilnya:

    43×22=64×4=2564^3 \times 2^2 = 64 \times 4 = 256

Jawaban:
Nilai dari 43×224^3 \times 2^2 adalah 256.


Soal 2:

Tentukan hasil dari 52×535^{-2} \times 5^3, dan jelaskan bagaimana cara kamu memperoleh hasil tersebut!

Pembahasan:

  1. Gunakan aturan pangkat dengan basis yang sama, yaitu am×an=am+na^m \times a^n = a^{m+n}.

    52×53=52+3=515^{-2} \times 5^3 = 5^{-2 + 3} = 5^1
  2. Hasilnya adalah 51=55^1 = 5.

Jawaban:
Nilai dari 52×535^{-2} \times 5^3 adalah 5.


Soal 3:

Apakah 49\sqrt{49} dan 2\sqrt{2} termasuk bilangan rasional atau irasional? Jelaskan alasanmu!

Pembahasan:

  • 49=7\sqrt{49} = 7, yang merupakan bilangan bulat dan dapat dinyatakan dalam bentuk pecahan 71\frac{7}{1}, sehingga rasional.
  • 2\sqrt{2} tidak dapat dinyatakan sebagai bilangan pecahan dan memiliki ekspansi desimal yang tidak berulang serta tidak berakhir. Oleh karena itu, 2\sqrt{2} adalah irasional.

Jawaban:
49\sqrt{49} adalah rasional, sedangkan 2\sqrt{2} adalah irasional.


Soal 4:

Ubah bilangan 0.000056 menjadi bentuk baku dan jelaskan langkah-langkah penulisannya!

Pembahasan:

  1. Untuk menulis 0.000056 dalam bentuk baku, kita pindahkan koma ke kanan hingga bilangan menjadi 5.65.6.

  2. Karena kita memindahkan koma 5 tempat ke kanan, maka pangkatnya adalah 5-5.

    Bentuk bakunya adalah:

    0.000056=5.6×1050.000056 = 5.6 \times 10^{-5}

Jawaban:
Bentuk baku dari 0.000056 adalah 5.6×1055.6 \times 10^{-5}.


Soal 5:

Hitunglah nilai dari 34÷323^4 \div 3^{-2}, dan berikan penjelasan tentang aturan yang digunakan untuk menyelesaikan soal ini!

Pembahasan:

  1. Gunakan aturan pembagian pangkat dengan basis yang sama, yaitu aman=amn\frac{a^m}{a^n} = a^{m-n}.

    34÷32=34(2)=34+2=363^4 \div 3^{-2} = 3^{4 - (-2)} = 3^{4 + 2} = 3^6
  2. Hitung nilai dari 363^6:

    36=3×3×3×3×3×3=7293^6 = 3 \times 3 \times 3 \times 3 \times 3 \times 3 = 729

Jawaban:
Nilai dari 34÷323^4 \div 3^{-2} adalah 729.


Ringkasan Jawaban:

  1. 256
  2. 5
  3. 49\sqrt{49} rasional, 2\sqrt{2} irasional
  4. 5.6×1055.6 \times 10^{-5}
  5. 729

Semoga pembahasan ini membantu untuk memahami konsep-konsep yang diterapkan pada soal-soal tersebut!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Upacara Hari Pramuka di SMA Nahdlatul Wathan Bogor: Refleksi Semangat Kebangsaan dan Kepemimpinan

Upacara Hari Pramuka di SMA Nahdlatul Wathan Bogor: Refleksi Semangat Kebangsaan dan Kepemimpinan Bogor, 14 Agustus 2024 — SMA Nahdlatul Wathan Bogor, yang berada di bawah naungan Pondok Pesantren Nurul Haramain NWDI Bogor, menggelar upacara peringatan Hari Pramuka dengan penuh khidmat. Upacara yang diadakan di halaman sekolah ini diikuti oleh seluruh siswa, guru, dan staf sekolah.  Dalam upacara tersebut, para peserta tidak hanya diajak untuk mengenang sejarah berdirinya Gerakan Pramuka di Indonesia, tetapi juga untuk menanamkan semangat kebangsaan dan kepemimpinan. Kepala Sekolah SMA Nahdlatul Wathan Bogor, Rasimun, S.Ag., M.Pd., mengatakan bahwa tentang pentingnya peran Pramuka dalam membentuk karakter generasi muda yang tangguh, berakhlak mulia, dan siap menghadapi tantangan zaman. "Kegiatan Pramuka sangat relevan dengan tantangan era digital saat ini. Pramuka mengajarkan kedisiplinan, kerja sama, dan kepemimpinan, yang semuanya merupakan keterampilan yang dibutuhkan di masa d...

Hari Pertama Kegiatan MPLS SMP- SMA Nahdlatul Wathan Bogor,Pondok Pesantren Nurul Haramain NWDI Bogor Tahun Pelajaran 2024-2025

Hari Pertama Kegiatan MPLS SMP- SMA Nahdlatul Wathan Bogor,Pondok Pesantren Nurul Haramain NWDI Bogor Tahun Pelajaran 2024-2025 Bogor, 15 Juli 2024 – Kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) di SMP-SMA Nahdlatul Wathan Bogor,Ponpes Modern Nurul Haramain NWDI Bogor dimulai dengan penuh antusias. Acara pembukaan yang berlangsung dari pukul 08.00 WIB dibuka oleh Wakil Pimpinan Pondok Pesantren Modern Nurul Haramain NWDI Bogor, Ustadz Yudi Hermawan, MA.Pd. dan Sambutan Pengarahan oleh Kepala Sekolah SMA Nahdlatul Wathan Bogor,Ustadz Rasimun Rohimul Arbab,M.Pd. Acara ini dihadiri oleh Dewan Pimpinan Pondok Pesantren, Dewan Guru, staf, serta seluruh siswa baru. Dalam sambutannya, Ustadz Yudi menekankan pentingnya pendidikan untuk membina akhlakul karimah selain memberikan ilmu pengetahuan dan keterampilan hidup. Kepala SMA Nahdlatul Wathan Bogor, Ustadz Rasimun Rohimul Arbab, M.Pd., kemudian memberikan pengarahan dan doa penutup. Beliau menyampaikan bahwa langkah pertama yang harus...

Pendidikan Akhlak Anak Sejak Dini dalam Perspektif Islam

Pendidikan Akhlak Anak Sejak Dini dalam Perspektif Islam Oleh : Rasimun ,S.Ag.,M.Pd. ( Kepala SMA NW Bogor ,PP Nurul Haramain NWDI Bogor)  A. Pendahuluan Pendidikan akhlak merupakan salah satu aspek yang sangat penting dalam Islam. Hal ini mencakup pembentukan karakter dan moral sejak usia dini sebagai bagian integral dari iman dan praktik kehidupan sehari-hari umat Muslim. Artikel ini akan mengulas secara singkat pentingnya pendidikan akhlak anak sejak dini dalam perspektif Islam, metode-metode yang dianjurkan, serta peran orang tua dan lingkungan dalam proses ini. B. Pentingnya Pendidikan Akhlak dalam Islam Pendidikan akhlak dalam Islam memiliki beberapa aspek penting yang harus dipahami: 1. Pembentukan Karakter yang Mulia Dalam ajaran Islam, pembentukan karakter yang baik dan mulia merupakan tujuan utama dalam pendidikan. Rasulullah Muhammad SAW bersabda, "Sesungguhnya aku diutus untuk menyempurnakan akhlak yang mulia" (HR. Ahmad). Hal ini menunjukkan pentingnya karakter y...