Langsung ke konten utama

SOAL ASAS SMP KELAS 7

 SOAL ASAS SMP KELAS 7 

Berikut 25 soal pilihan ganda 


Operasi Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat

  1. Hasil dari 4527+1645 - 27 + 16 adalah:
    a. 2828
    b. 3434
    c. 1616
    d. 3030

  2. Hitunglah 12+258-12 + 25 - 8:
    a. 55
    b. 33
    c. 3-3
    d. 5-5

  3. Nilai (15)(9)+6(-15) - (-9) + 6 adalah:
    a. 00
    b. 12-12
    c. 6-6
    d. 00

  4. Jika (20)+10(15)(-20) + 10 - (-15), hasilnya adalah:
    a. 55
    b. 25-25
    c. 1010
    d. 1515

  5. Hasil 50(3010)50 - (30 - 10) adalah:
    a. 2020
    b. 3030
    c. 4040
    d. 1010


Operasi Perkalian dan Pembagian Bilangan Bulat

  1. Hitunglah (8)×6(-8) \times 6:
    a. 4848
    b. 48-48
    c. 14-14
    d. 1414

  2. Nilai dari 72÷(9)72 \div (-9) adalah:
    a. 8-8
    b. 88
    c. 7-7
    d. 77

  3. Jika (12)×(5)(-12) \times (-5), maka hasilnya adalah:
    a. 6060
    b. 60-60
    c. 4040
    d. 40-40

  4. Hasil 18÷6×(3)18 \div 6 \times (-3) adalah:
    a. 99
    b. 9-9
    c. 6-6
    d. 66

  5. Nilai (16)÷(4)×2(-16) \div (-4) \times 2 adalah:
    a. 44
    b. 4-4
    c. 88
    d. 8-8


Operasi Hitung Campuran Bilangan Bulat

  1. Hitunglah 10×(3)+2510 \times (-3) + 25:
    a. 5-5
    b. 55
    c. 10-10
    d. 1010

  2. Hasil (15)÷3+12(4)(-15) \div 3 + 12 - (-4) adalah:
    a. 1515
    b. 15-15
    c. 1414
    d. 14-14

  3. Hitunglah 30(6×5)+830 - (6 \times 5) + 8:
    a. 88
    b. 1010
    c. 1212
    d. 1414

  4. Jika 24÷8×(3)+624 \div 8 \times (-3) + 6, maka hasilnya adalah:
    a. 3-3
    b. 6-6
    c. 33
    d. 66

  5. Hasil dari (9)+18÷(3)5(-9) + 18 \div (-3) - 5:
    a. 8-8
    b. 6-6
    c. 66
    d. 88


Bilangan Prima

  1. Manakah bilangan berikut yang merupakan bilangan prima?
    a. 1515
    b. 1717
    c. 2121
    d. 2727

  2. Bilangan prima antara 1010 dan 2020 adalah:
    a. 11,13,1711, 13, 17
    b. 11,15,1911, 15, 19
    c. 13,15,1713, 15, 17
    d. 13,17,1913, 17, 19

  3. Manakah yang bukan bilangan prima?
    a. 22
    b. 33
    c. 44
    d. 55


Mencari KPK

  1. KPK dari 1212 dan 1515 adalah:
    a. 3030
    b. 4545
    c. 6060
    d. 7575

  2. KPK dari 18,2418, 24 adalah:
    a. 5454
    b. 7272
    c. 108108
    d. 144144


Mencari FPB

  1. FPB dari 1616 dan 2424 adalah:
    a. 66
    b. 88
    c. 1212
    d. 1616

  2. FPB dari 3636 dan 5454 adalah:
    a. 99
    b. 1212
    c. 1818
    d. 2727


Penerapan KPK dan FPB

  1. Ani membeli apel setiap 4 hari sekali, sedangkan Budi membeli apel setiap 6 hari sekali. Jika hari ini mereka membeli apel bersama, berapa hari lagi mereka akan membeli apel bersama-sama?
    a. 1010 hari
    b. 1212 hari
    c. 1414 hari
    d. 1616 hari

  2. Toko A menerima pasokan telur setiap 20 hari, sedangkan toko B setiap 25 hari. Jika hari ini kedua toko menerima pasokan telur bersamaan, berapa hari lagi mereka akan menerima pasokan bersamaan?
    a. 5050 hari
    b. 7575 hari
    c. 100100 hari
    d. 125125 hari


Mengubah Pecahan Menjadi Persen

  1. Pecahan 35\frac{3}{5} dalam persen adalah:
    a. 30%30\%
    b. 40%40\%
    c. 50%50\%
    d. 60%60\%

Berikut 5 soal uraian 


Soal Uraian

  1. Operasi Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat
    Hitunglah hasil dari (25)+5018+(7)(-25) + 50 - 18 + (-7). Jelaskan langkah-langkah pengerjaannya!

  2. Operasi Perkalian dan Pembagian Bilangan Bulat
    Tentukan hasil dari (12)×5÷(3)(-12) \times 5 \div (-3). Berikan penjelasan cara menyelesaikan soal tersebut!

  3. Bilangan Prima
    Sebutkan semua bilangan prima antara 11 dan 3030, dan jelaskan mengapa bilangan-bilangan tersebut termasuk bilangan prima!

  4. Mencari KPK dan FPB
    Diberikan dua bilangan 1818 dan 2424.
    a. Tentukan KPK dari kedua bilangan tersebut!
    b. Tentukan FPB dari kedua bilangan tersebut!
    Jelaskan proses pengerjaannya secara rinci!

  5. Mengubah Pecahan Menjadi Persen
    Ubahlah pecahan 78\frac{7}{8} menjadi persen. Jelaskan langkah-langkah pengerjaannya!


Berikut adalah kunci jawaban 


Operasi Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat

  1. b. 34
  2. a. 5
  3. c. -6
  4. d. 15
  5. c. 40

Operasi Perkalian dan Pembagian Bilangan Bulat

  1. b. -48
  2. a. -8
  3. a. 60
  4. b. -9
  5. c. 8

Operasi Hitung Campuran Bilangan Bulat

  1. b. 5
  2. a. 15
  3. b. 10
  4. b. -6
  5. a. -8

Bilangan Prima

  1. b. 17
  2. a. 11, 13, 17
  3. c. 4

Mencari KPK

  1. c. 60
  2. b. 72

Mencari FPB

  1. b. 8
  2. c. 18

Penerapan KPK dan FPB

  1. b. 12 hari
  2. c. 100 hari

Mengubah Pecahan Menjadi Persen

  1. d. 60%


Berikut adalah kunci jawaban untuk soal uraian yang telah dibuat:


Kunci Jawaban

  1. Operasi Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat
    Soal: Hitunglah hasil dari (25)+5018+(7)(-25) + 50 - 18 + (-7).
    Jawaban:
    Langkah-langkah:
    • Hitung (25)+50=25(-25) + 50 = 25.
    • Hitung 2518=725 - 18 = 7.
    • Hitung 7+(7)=07 + (-7) = 0.
      Jadi, hasilnya adalah 0.

  1. Operasi Perkalian dan Pembagian Bilangan Bulat
    Soal: Tentukan hasil dari (12)×5÷(3)(-12) \times 5 \div (-3).
    Jawaban:
    Langkah-langkah:
    • Hitung (12)×5=60(-12) \times 5 = -60.
    • Hitung 60÷(3)=20-60 \div (-3) = 20.
      Jadi, hasilnya adalah 20.

  1. Bilangan Prima
    Soal: Sebutkan semua bilangan prima antara 11 dan 3030.
    Jawaban:
    Bilangan prima antara 11 dan 3030 adalah: 2,3,5,7,11,13,17,19,23,292, 3, 5, 7, 11, 13, 17, 19, 23, 29.
    Penjelasan:
    • Bilangan prima adalah bilangan yang hanya memiliki dua faktor, yaitu 11 dan bilangan itu sendiri.
    • Contoh: 22 adalah bilangan prima karena faktor 22 hanya 11 dan 22. 44 bukan bilangan prima karena faktor 44 adalah 1,2,1, 2, dan 44.

  1. Mencari KPK dan FPB
    Soal: Diberikan 1818 dan 2424. Tentukan KPK dan FPB!
    Jawaban:
    a. KPK:

    • Faktorisasi prima:
      18=2×3218 = 2 \times 3^2
      24=23×324 = 2^3 \times 3
    • Ambil faktor dengan pangkat terbesar:
      KPK=23×32=72KPK = 2^3 \times 3^2 = 72.
      Jadi, KPK adalah 72.

    b. FPB:

    • Faktorisasi prima:
      18=2×3218 = 2 \times 3^2
      24=23×324 = 2^3 \times 3
    • Ambil faktor dengan pangkat terkecil:
      FPB=2×3=6FPB = 2 \times 3 = 6.
      Jadi, FPB adalah 6.

  1. Mengubah Pecahan Menjadi Persen
    Soal: Ubahlah 78\frac{7}{8} menjadi persen.
    Jawaban:
    Langkah-langkah:
    • Pecahan 78\frac{7}{8} diubah menjadi bentuk desimal:
      78=0.875\frac{7}{8} = 0.875.
    • Ubah desimal menjadi persen dengan mengalikan 100%100\%:
      0.875×100=87.5%0.875 \times 100 = 87.5\%.
      Jadi, 78=87.5%\frac{7}{8} = 87.5\%.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Membesarkan Anak di Era Digital: Strategi Orang Tua Menghadapi Era AI

Membesarkan Anak di Era Digital: Strategi Orang Tua Menghadapi Era AI Penulis : Rasimun,S.Ag.,M.Pd ( Kepala SMA NW Bogor ,PP Nurul Haramain NWDI Bogor) A. Pendahuluan Kehadiran teknologi digital dan kecerdasan buatan (AI) telah mengubah cara kita mendidik anak-anak. Dalam era yang semakin terkoneksi ini, orang tua dihadapkan pada tantangan baru yang perlu diatasi dengan strategi yang tepat. Bagaimana kita dapat memastikan anak-anak tumbuh dengan baik di tengah dinamika teknologi modern yang begitu cepat berkembang? B. Mengapa Perlu Strategi yang Tepat? Dengan begitu banyaknya informasi yang tersedia secara online dan perangkat digital yang semakin canggih, orang tua perlu memainkan peran yang aktif dalam mengarahkan anak-anak mereka dalam penggunaan teknologi. Tanpa arahan yang benar, ada risiko anak-anak terpapar pada konten yang tidak sesuai, menghabiskan terlalu banyak waktu di depan layar, atau bahkan kehilangan sensitivitas terhadap kehidupan nyata. C. Strategi yang Dapat Dilakuka...

Merancang Pembelajaran Berbasis Pendekatan Culturally Responsive Teaching

  JURNAL PEMBELAJARAN: AKSI NYATA TOPIK 4 (Merancang Pembelajaran Berbasis Pendekatan Culturally Responsive Teaching) 1. DOKUMEN AKSI NYATA (RPP BERBASIS CRT) MODUL AJAR BAHASA INDONESIA (Berbasis CRT) Topik: Teks Anekdot: Mengidentifikasi dan Menganalisis Makna Tersirat (Kritik Sosial) Komponen : Deskripsi Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia Fase / Kelas : E / Kelas 10 Nama Penyusun : Rasimun Alokasi Waktu : 2 x 45 Menit (1 Pertemuan) A. TUJUAN PEMBELAJARAN (UbD-Oriented) Murid dapat mengidentifikasi makna tersirat (kritik/sindiran) dalam teks anekdot. Murid dapat menganalisis relevansi kritik yang disampaikan dalam anekdot dengan konteks sosial-budaya mereka. B. ASESMEN AWAL (CRT-Focused Assessment) Diagnostik Kesiapan: Pertanyaan singkat tentang perbedaan antara teks lucu (...

Hari Pertama Kegiatan MPLS SMP- SMA Nahdlatul Wathan Bogor,Pondok Pesantren Nurul Haramain NWDI Bogor Tahun Pelajaran 2024-2025

Hari Pertama Kegiatan MPLS SMP- SMA Nahdlatul Wathan Bogor,Pondok Pesantren Nurul Haramain NWDI Bogor Tahun Pelajaran 2024-2025 Bogor, 15 Juli 2024 – Kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) di SMP-SMA Nahdlatul Wathan Bogor,Ponpes Modern Nurul Haramain NWDI Bogor dimulai dengan penuh antusias. Acara pembukaan yang berlangsung dari pukul 08.00 WIB dibuka oleh Wakil Pimpinan Pondok Pesantren Modern Nurul Haramain NWDI Bogor, Ustadz Yudi Hermawan, MA.Pd. dan Sambutan Pengarahan oleh Kepala Sekolah SMA Nahdlatul Wathan Bogor,Ustadz Rasimun Rohimul Arbab,M.Pd. Acara ini dihadiri oleh Dewan Pimpinan Pondok Pesantren, Dewan Guru, staf, serta seluruh siswa baru. Dalam sambutannya, Ustadz Yudi menekankan pentingnya pendidikan untuk membina akhlakul karimah selain memberikan ilmu pengetahuan dan keterampilan hidup. Kepala SMA Nahdlatul Wathan Bogor, Ustadz Rasimun Rohimul Arbab, M.Pd., kemudian memberikan pengarahan dan doa penutup. Beliau menyampaikan bahwa langkah pertama yang harus...