Langsung ke konten utama

SOAL BAHASA INDONESI KELAS 11 A

  SOAL TEKS ARGUMENTASI ,CERPEN DAN TEKS BERITA  

Soal-Soal

A. Pilihan Ganda
Pilihlah jawaban yang paling tepat.


Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 1-3.

Penelitian tentang sorgum tentu sudah lama dilakukan oleh beberapa lembaga penelitian dan perguruan tinggi di Indonesia. Kita hanya belum tahu hasilnya. Jika dipublikasikan secara luas, mungkin sorgum akan menjadi lebih populer. Saya menduga tidak banyak orang Indonesia yang pernah memakan nasi sorgum. Saya termasuk salah satunya. Saya hanya pernah memakan nasi jagung, sekian puluh tahun yang lalu, ketika mengalami tahun-tahun sulit makan. Dengan hanya dikukus lalu dicampur dengan parutan kelapa dan sedikit garam, nasi jagung sudah cukup mengenyangkan. Namun, nasi jagung kemudian hilang dari meja makan, seiring dengan membaiknya ekonomi negara. Itu terjadi pada 1970-1980.

  1. Gagasan utama dalam teks tersebut adalah....
    a. sorgum dapat dipublikasikan secara luas
    b. sorgum dapat dikonsumsi menjadi nasi sorgum
    c. sorgum sudah diteliti oleh beberapa lembaga penelitian
    d. sorgum seperti nasi jagung yang hilang di meja makan karena ekonomi
    e. sorgum dan nasi jagung dapat menjadi pengganti beras bagi masyarakat

  2. Teks tersebut menjelaskan....
    a. opini terhadap isu tertentu
    b. fakta terhadap data tertentu
    c. keadaan penelitian sorgum saat ini
    d. ekonomi negara terkait dengan sorgum
    e. sorgum dan nasi jagung bagian dari pangan

  3. Pernyataan yang sesuai dengan isi teks adalah....
    a. Teks berisi opini yang disertai dengan fakta.
    b. Teks berisi fakta yang sesuai dengan sejarah.
    c. Teks mengkritisi penelitian sorgum dan nasi jagung.
    d. Teks menyampaikan pendapat dengan perbandingan.
    e. Teks berupa simpulan dari hasil penelitian nasi sorgum.


4. Pernyataan yang sesuai tentang teks argumentasi adalah....
a. Teks menyajikan prosedur atau cara membuat sesuatu.
b. Teks menyajikan fakta tentang peristiwa alam.
c. Teks menjelaskan kabar aktual yang jelas.
d. Teks berisi pendapat disertai fakta.
e. Teks berupa fiksi naratif.

5. Berikut ini yang termasuk ciri teks argumentasi adalah....
a. mengandung ide pokok dan ide penjelas
b. menggunakan kalimat majemuk
c. berdasarkan fakta objektif
d. berisi gagasan penjelas
e. berisi gagasan utama


Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 6-7.

Pertambahan penduduk dan tingginya pertumbuhan ekonomi di Indonesia menyebabkan semakin meningkatnya permintaan terhadap kebutuhan bahan pangan. Pemenuhan akan hal tersebut merupakan keniscayaan dan sebagai salah satu peran penting dalam kehidupan manusia, sehingga perlu mendapatkan perhatian bersama. Oleh karena itu, ketahanan pangan menjadi prasyarat mutlak yang harus dilakukan pemerintah, organisasi masyarakat sipil, dan seluruh lapisan masyarakat sehingga ketahanan pangan terus berkelanjutan.

  1. Teks tersebut menjelaskan....
    a. kebutuhan pangan yang diperlukan masyarakat Indonesia
    b. kebutuhan yang diperlukan oleh penduduk menghadapi pertumbuhan ekonomi
    c. syarat mutlak ketahanan pangan untuk menyesuaikan dengan pertumbuhan ekonomi
    d. pemerintah, organisasi masyarakat sipil, dan masyarakat umum bekerja sama dalam ketahanan pangan
    e. peningkatan kebutuhan pangan karena pertambahan penduduk dan pertumbuhan ekonomi

  2. Teks tersebut menunjukkan....
    a. penggunaan istilah ilmiah
    b. opini terhadap isu tertentu
    c. fakta yang terjadi di Indonesia
    d. penggunaan ejaan yang tidak sesuai
    e. ide pendukung yang tidak jelas dalam kalimat


8. Pernyataan yang benar tentang kohesi adalah....
a. kepaduan antargagasan dalam paragraf
b. keserasian hubungan antarunsur dalam paragraf
c. kepaduan dan keserasian hubungan antarunsur paragraf
d. kelengkapan antarunsur kalimat dan paragraf dalam teks
e. kesatuan antara penggunaan ejaan dan ragam bahasa teks

9. Pernyataan yang benar tentang koherensi adalah....
a. kepaduan antargagasan dalam paragraf
b. keserasian hubungan antarunsur dalam paragraf
c. kepaduan dan keserasian hubungan antarunsur paragraf
d. kelengkapan antarunsur kalimat dan paragraf dalam teks
e. kesatuan antara penggunaan ejaan dan ragam bahasa teks

10. Kalimat dengan konjungsi yang menyatakan hubungan ketidakserasian adalah....
a. Di samping itu, kita dapat mengajak masyarakat untuk mengembangkan pangan lokal.
b. Padahal, kita dapat memanfaatkan pangan lokal untuk menghadapi krisis pangan.
c. Akibatnya, kita mengalami krisis pangan yang cukup parah tahun ini.
d. Sejak itu, pemerintah membuat aturan mengenai pangan lokal.
e. Jadi, kita tidak dapat bekerja sama dengan baik.

  1. Prosa adalah...
    a. Teks yang bersifat naratif
    b. Teks yang terikat dengan aturan
    c. Teks yang memiliki rima dan aturan
    d. Karangan yang memiliki alur berurutan
    e. Karangan bebas tidak terikat oleh kaidah

  2. Perbedaan cerpen dan novel adalah...
    a. Jumlah rata-rata katanya sama
    b. Konflik dalam cerpen dan novel singkat
    c. Pengarang dapat mengalunkan cerita dengan lebih luas dalam novel dan cerpen
    d. Cerpen memiliki alur yang lebih singkat dibandingkan novel yang beralur kompleks dan panjang
    e. Cerpen dan novel termasuk teks prosa yang memiliki unsur intrinsik dan ekstrinsik yang sama

Bacalah penggalan cerita berikut ini untuk menjawab soal nomor 3 dan 4.

(1) Zara tidak membuka jaket ketika masuk ke kafe Eric. (2) Angin musim dingin di awal bulan menerpanya selama ia berada di jalan. (3) Sambil mengusap hidungnya yang meler karena dingin, Zara berjalan ke arah Noe dan Eric yang melambai dari balik meja. (4) "Valcommen!" Tiba-tiba para pengunjung berdiri bersorak mengagetkan sambil bertepuk tangan. (5) Hampir semua orang memanggil nama Zara sambil mengucapkan selamat datang dalam bahasa Swedia, padahal kebanyakan tidak dikenalnya.
Sumber: Cinta Zara di Swedia, Mei Aulia, 2010

  1. Latar penggalan novel tersebut tidak terjadi di Indonesia. Hal ini ditunjukkan pada kalimat...
    a. (1) dan (2)
    b. (1) dan (3)
    c. (2) dan (4)
    d. (3) dan (4)
    e. (4) dan (5)

  2. Sudut pandang yang ditampilkan pengarang dalam penggalan novel tersebut adalah...
    a. Orang pertama dalam cerita
    b. Orang pertama di luar cerita
    c. Orang pertama serba tahu
    d. Orang ketiga fokus
    e. Orang ketiga serba tahu

  3. Bacalah kalimat dari penggalan novel berikut ini.
    "Dan seperti kebanyakan anak-anak Melayu miskin di kampung kami yang rata-rata beranjak remaja mulai bekerja mencari uang."
    Sumber: Sang Pemimpi, Andrea Hirata

Amanat yang disampaikan pengarang dalam penggalan cerita tersebut adalah...
a. Kebiasaan masyarakat Melayu yang menyuruh anak untuk memenuhi kebutuhannya sendiri.
b. Melayu termasuk kampung miskin sehingga harus mempekerjakan anak dan remaja.
c. Anak yang sudah mulai remaja harus membantu orang tua mencari nafkah untuk keluarga.
d. Remaja harus lepas dari orang tua dan belajar mengurus semua kebutuhannya sendiri.
e. Orang tua tidak perlu mengurus dan memenuhi kebutuhan anaknya yang sudah mulai remaja.

Bacalah penggalan cerita berikut ini untuk menjawab soal nomor 6 dan 7.

"Maafkan aku, Alysa. Aku sudah menikah. Bukan dengan orang yang amat aku cintai. Tetapi setidaknya, ia bisa memberikan sepotong hati yang baru. Kau lihat ini cincin pernikahan kami, batu giok." Alysa menyeka ujung-ujung matanya, mengangguk pelan, dan beranjak pergi. Aku menatap punggungnya hilang dari balik rumah makan. "Maafkan aku, Alysa," aku berbisik pelan sambil melepas cincin batu giok milik adikku. Ada gunanya juga aku memutuskan memakai cincin ini sebelum bertemu Alysa, meski sebenarnya aku belum menikah agar aku yakin tidak akan mengharapkan kau kembali.
Sumber: Sepotong Hati yang Baru, Tere Liye, 2016

  1. Konflik batin yang disajikan pengarang dalam penggalan cerita tersebut adalah...
    a. Memperlihatkan cincin pernikahan
    b. Menangis dan pergi setelah tahu aku menikah
    c. Ingin kembali bersama seperti dulu
    d. Tidak mau memberikan maaf
    e. Ingin memulai perjalanan baru

  2. Penyebab konflik yang dialami tokoh protagonis dalam penggalan cerita tersebut adalah...
    a. Berbohong tentang pernikahan
    b. Tidak mau saling memaafkan
    c. Selalu melakukan kesalahan
    d. Kecewa karena dikhianati
    e. Berpura-pura selalu bahagia

Bacalah penggalan teks apresiasi berikut ini untuk menjawab soal nomor 8-10.

(1) Pengembangan nilai sangat penting supaya manusia memahami dan menghayati etika ketika berinteraksi dan berkomunikasi dengan masyarakat. (2) Pemahaman dan penghayatan nilai-nilai etika mampu menempatkan manusia sesuai kapasitasnya. (3) Dengan demikian, perasaan saling hormat, saling sayang, dan tercipta suasana yang harmonis akan terwujud, seperti dalam kutipan berikut: (4) "Lain kali mencalonkan dirinya jadi bupati!! Pasang huruf H besar di depan namanya, mengaku dirinya haji???!! (5) Padahal aku tahu kelakuannya!! Waktu jadi mahasiswa, wesel dari ibunya dipakainya untuk main judi!!!"
Sumber: Analisis Unsur Ekstrinsik Sang Pemimpi, Erlina, 2017

  1. Pesan penulis novel disampaikan secara implisit melalui watak tokoh terdapat pada kalimat...
    a. (1)
    b. (2)
    c. (3)
    d. (4)
    e. (5)

  2. Watak tokoh dalam penggalan novel pada paragraf tersebut dideskripsikan melalui...
    a. Dialog
    b. Lingkungan
    c. Pikiran tokoh
    d. Reaksi tokoh lain
    e. Penampilan

  3. Amanat yang akan disampaikan penulis melalui penggalan novel tersebut adalah...
    a. Pilihlah pemimpin yang jujur agar mampu menjalankan tugas dengan baik.
    b. Jangan membiasakan diri dengan kebohongan dan kecurangan.
    c. Sekali kita berbuat curang, selamanya orang lain tidak akan pernah percaya.
    d. Berhati-hatilah dalam mengambil keputusan untuk kepentingan bersama.
    e. Ucapkan selamat atas keberhasilan.Berikut adalah lima soal pilihan ganda tentang teks berita:

    1. Pengertian Teks Berita

    Teks berita adalah...
    a. Cerita fiksi yang bertujuan menghibur pembaca.
    b. Kumpulan fakta dan opini pribadi penulis.
    c. Laporan peristiwa atau kejadian yang aktual dan faktual.
    d. Karangan naratif tentang pengalaman hidup seseorang.
    e. Teks yang berisi dialog antar tokoh dalam sebuah cerita.

    Jawaban: c


    2. Tujuan Teks Berita

    Tujuan utama dari teks berita adalah...
    a. Mengajak pembaca untuk membeli suatu produk.
    b. Menyampaikan informasi penting dan terkini kepada masyarakat.
    c. Membujuk pembaca untuk mendukung opini tertentu.
    d. Menghibur pembaca dengan cerita yang menarik.
    e. Memberikan ulasan tentang karya sastra.

    Jawaban: b


    3. Ciri-Ciri Teks Berita

    Ciri-ciri teks berita yang benar adalah...
    a. Aktual, faktual, memiliki alur cerita.
    b. Mengandung opini, menggunakan bahasa tidak formal.
    c. Aktual, faktual, menggunakan bahasa baku.
    d. Menggunakan kalimat imajinatif, berisi kisah tokoh fiktif.
    e. Tidak memiliki struktur tertentu, menggunakan bahasa sehari-hari.

    Jawaban: c


    4. Struktur Teks Berita

    Struktur yang benar dalam teks berita adalah...
    a. Pendahuluan - Klimaks - Penutup.
    b. Judul - Orientasi - Komplikasi - Resolusi.
    c. Judul - Kepala Berita - Tubuh Berita - Ekor Berita.
    d. Latar - Peristiwa - Akhir Cerita.
    e. Prolog - Alur Cerita - Epilog.

    Jawaban: c


    5. Kebahasaan Teks Berita

    Ciri kebahasaan teks berita adalah...
    a. Menggunakan bahasa baku dan kalimat langsung.
    b. Mengandung majas dan bahasa puitis.
    c. Menggunakan kata ganti orang pertama.
    d. Tidak perlu memerhatikan kaidah bahasa.
    e. Menggunakan kalimat tidak efektif untuk menambah daya tarik.

    Jawaban: a

Berikut adalah 5 soal uraian berdasarkan materi yang diminta:


1. Pengertian Teks Argumentasi

Jelaskan pengertian teks argumentasi serta tujuan utama dari teks tersebut. Sertakan contoh singkat teks argumentasi yang sesuai.


2. Struktur Teks Argumentasi

Sebutkan dan jelaskan struktur teks argumentasi. Berikan contoh singkat setiap bagian struktur tersebut berdasarkan tema "Pentingnya Menjaga Kebersihan Lingkungan."


3. Unsur Kebahasaan Teks Cerpen

Jelaskan ciri-ciri kebahasaan yang sering digunakan dalam teks cerpen. Berikan contoh kalimat yang sesuai untuk setiap ciri kebahasaan tersebut.


4. Identifikasi Struktur Teks Berita

Berdasarkan teks berikut:
"Gempa berkekuatan 6,5 SR mengguncang wilayah selatan Jawa Barat pada pukul 14.00 WIB. Berdasarkan informasi BMKG, pusat gempa berada di laut dengan kedalaman 10 km. Tidak ada laporan korban jiwa hingga saat ini."
Identifikasilah bagian-bagian struktur teks berita dalam teks tersebut!


5. Menulis Teks Cerpen

Buatlah sebuah teks cerpen singkat (minimal 3 paragraf) dengan tema "Persahabatan." Pastikan cerita Anda memiliki struktur lengkap: orientasi, komplikasi, dan resolusi.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hari Pertama Kegiatan MPLS SMP- SMA Nahdlatul Wathan Bogor,Pondok Pesantren Nurul Haramain NWDI Bogor Tahun Pelajaran 2024-2025

Hari Pertama Kegiatan MPLS SMP- SMA Nahdlatul Wathan Bogor,Pondok Pesantren Nurul Haramain NWDI Bogor Tahun Pelajaran 2024-2025 Bogor, 15 Juli 2024 – Kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) di SMP-SMA Nahdlatul Wathan Bogor,Ponpes Modern Nurul Haramain NWDI Bogor dimulai dengan penuh antusias. Acara pembukaan yang berlangsung dari pukul 08.00 WIB dibuka oleh Wakil Pimpinan Pondok Pesantren Modern Nurul Haramain NWDI Bogor, Ustadz Yudi Hermawan, MA.Pd. dan Sambutan Pengarahan oleh Kepala Sekolah SMA Nahdlatul Wathan Bogor,Ustadz Rasimun Rohimul Arbab,M.Pd. Acara ini dihadiri oleh Dewan Pimpinan Pondok Pesantren, Dewan Guru, staf, serta seluruh siswa baru. Dalam sambutannya, Ustadz Yudi menekankan pentingnya pendidikan untuk membina akhlakul karimah selain memberikan ilmu pengetahuan dan keterampilan hidup. Kepala SMA Nahdlatul Wathan Bogor, Ustadz Rasimun Rohimul Arbab, M.Pd., kemudian memberikan pengarahan dan doa penutup. Beliau menyampaikan bahwa langkah pertama yang harus...

Hari Pertama Ujian Sekolah atau Penilain Sumatif Akhir Jenjang Tahun Ajaran 2023/2024 di SMA Nahdlatul Wathan Bogor

Hari Pertama Ujian Sekolah atau Penilain Sumatif Akhir Jenjang  Tahun Ajaran 2023/2024  di SMA Nahdlatul Wathan Bogor Bogor, Senin, 18 Maret 2024 - Hari ini, SMA Nahdlatul Wathan Bogor memulai rangkaian Ujian Sekolah (US) untuk siswa kelas 12. Suasana pagi di sekolah ini terasa sarat dengan semangat dan antusiasme, diawali dengan apel pagi yang dihadiri oleh Kepala Sekolah, Dewan Guru, dan seluruh peserta US. Dalam sambutannya, Kepala Sekolah SMA Nahdlatul Wathan Bogor ,Rasimun,S.Ag.,M.Pd. menyampaikan tujuan dan pentingnya US bagi kemajuan sekolah dan para peserta didik. Keikutsertaan dalam US   tidak hanya menjadi penilaian, tetapi juga kriteria penting dalam menentukan kelulusan siswa. " Ujian Sekolah berfungsi untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik dan mengukur mutu pendidikan di sekolah. Selain itu salah satu poin dari kriteria untuk menetapkan keluluan adalah mengikuti Ujian Sekolah," ujar Rasimun. Tak lupa, Kepala Sekolah   memberikan pesan...

Kembali ke Pesantren: Santri Nurul Haramain NWDI Bogor Awali Hari Pertama dengan Subuh Tahfiz

Kembali ke Pesantren: Santri Nurul Haramain NWDI Bogor Awali Hari Pertama dengan Subuh Tahfiz Bogor, 16 Juli 2024 – Setelah liburan usai, Pesantren Modern Nurul Haramain NWDI Bogor yang terletak di kaki Gunung Salak, Kp Saitem, Desa Ciburayut, Kec. Cigombong, Kab. Bogor, kembali ramai dengan kedatangan para santri dan santriwati. Pada hari pertama setelah liburan, kegiatan dimulai dengan Subuh Tahfiz, sebuah rutinitas harian yang dilaksanakan setelah shalat Subuh berjamaah. Kegiatan Subuh Tahfiz diikuti oleh seluruh santri dan santriwati, dipandu oleh para ustadz dan ustadzah dari pesantren tersebut. Tujuan dari Subuh Tahfiz adalah untuk menambah hafalan para santri serta menjaga dan menguatkan hafalan yang sudah ada. Dengan memulai hari dengan literasi dan menghafal kitab suci Al-Qur'an, diharapkan para santri dapat meningkatkan keislaman dan ketakwaan mereka. Aktivitas ini juga bertujuan untuk menanamkan jiwa bersungguh-sungguh dan istiqamah dalam diri para santri. "Subuh Ta...